Denpasar (Antara Bali) - SMAN 4 Denpasar pada pelaksanaan ujian nasional (UN) SMA untuk program ilmu pengetahuan alam (IPA) tahun pelajaran 2011/2012 berhasil meraih nilai rata-rata tertinggi di Provinsi Bali.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Provinsi Bali Anak Agung Ngurah Gede Sujaya, di Denpasar, Sabtu, mengatakan, sekolah yang berstatus rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI) itu meraih nilai rata-rata 55,87.

SMA yang berlokasi di daerah Monang Maning Denpasar ini berhasil mengalahkan SMA Negeri 3 dan SMAN 1 Denpasar yang juga berstatus RSBI.

"SMAN 3 Denpasar pada UN tahun ini meraih urutan kedua dengan nilai rata-rata 54,90, sedangkan SMAN 1 Denpasar berada di urutan keempat dengan rata-rata 54,38," katanya. Justru, SMAN 1 Semarapura, Kabupaten Klungkung, berhasil berada di peringkat ketiga di Provinsi Bali dengan nilai rata-rata 54,55.

Sujaya menambahkan, Devi Ari Fransiska dari SMAN 4 Denpasar menjadi peraih nilai UN tertinggi program IPA dengan nilai 58,00 di Provinsi Bali dan peringkat kedua secara nasional.

Kepala SMAN 4 Denpasar I Wayan Rika mengatakan, sengaja dilaksanakan persembahyangan bersama sebagai ucapan syukur karena siswanya lulus 100 persen kepada Tuhan sekaligus hari ini juga salah satu hari suci umat Hindu. SMAN 4 Denpasar juga meraih nilai UN tertinggi di Bali untuk program IPS.

Sedangkan Devi Ari Fransiska, siswa SMAN 4 peraih UN tertinggi di Bali menyampaikan dirinya bercita-cita akan melanjutkan pendidikan ke Fakultas Kedokteran Universitas Udayana Denpasar.(LHS/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012