Denpasar (Antara Bali) - Pemerintah Provinsi Bali memberikan pelatihan kewirausahaan kepada para pegawai negeri sipil (PNS) yang menjelang pensiun di Denpasar, Selasa.

"Tidak boleh ada kata terlambat, kita harus bisa menangkap peluang dan menciptakan peluang. Jangan pernah ada kata menyerah walaupun sudah pensiun," kata Gubernur Pastika saat memberikan sambutan pada acara pembukaan pelatihan tersebut.

Pada pelatihan yang diikuti oleh 80 PNS itu, Pastika mengatakan, dengan adanya bekal kewirausahaan diharapkan para pegawai yang akan memasuki masa purna tugas tidak lagi menganggap dirinya sebagai orang yang terbuang.

Menurut dia, pegawai yang pensiun sebenarnya merupakan warga masyarakat yang masih potensial. Oleh karena itu, harus dimanfaatkan secara optimal potensi-potensi yang dimiliki.

"Tidak benar jika sesudah pensiun pikiran harus dikosongkan, karena hal itu justru akan mempercepat timbulnya pikun. Sikap mental yang paling penting makna dari pelatihan ini, sehingga para PNS akan terus dapat memaknai hidup dengan melakukan hal-hal yang berguna bagi diri sendiri, keluarga, dan masyarakat," katanya.(LHS/IGT/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012