Denpasar (Antara Bali) - Ratusan seniman  dari delapan banjar di Desa Pekraman (Adat) Kamasan, Kabupaten Klungkung, Bali, akan melukis secara massal untuk memeriahkan pelaksanaan Festival Bali Bangun Internasional.

"Pewaris seni lukis klasik Bali itu akan menunjukkan kepiawaiannya di atas kanvas masing-masing selama sebulan kegiatan itu berlangsung, 15 Juli hingga pertengahan Agustus 2012," kata pendiri dan pengelola Museum Seni Lukis Klasik Bali di Klungkung, Drs I Nyoman Gunarsa, Minggu.

Ia mengatakan, ratusan seniman alam di pusat seni lukis klasik Bali itu, diharapkan menorehkan kembali prestasi dalam bidang seni kanvas yang sudah pernah mendunia.

Mereka sebelumnya akan mendapat inspirasi dari karya-karya seni leluhurnya yang kini menjadi koleksi sejumlah museum di tujuh negara.

Puluhan lukisan klasik Bali yang menjadi koleksi museum di tujuh negara sudah tiba di Bali untuk memeriahkan kegiatan yang baru pertama kali digelar di Pulau Dewata.

Gunarsa menambahkan, tujuh museum dari mancanegara yang ikut dalam pameran bertaraf internasional itu meliputi Australia, Amerika Serikat, Italia, Prancis, Swis, Belanda dan tuan rumah Indonesia.(LHS/IGT)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012