Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, memfokuskan tiga hal utama yang akan dilakukan sebagai bentuk komitmen dalam upaya mengakselerasi pembangunan desa di wilayah tersebut.

"Pertama adalah penuntasan pembangunan fasilitas publik, kedua peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia dan yang ketiga penguatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah," ujar Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta dalam keterangan Humas Badung yang diterima di Mangupura, Senin.

Pihaknya ingin semua desa di Badung harus berkembang maju dan mandiri. Untuk itu akan dilakukan pendataan dan klasifikasi, baik itu dari segi topografi maupun demografi, sehingga bisa diketahui secara mendetail karakteristik dan potensi dari masing-masing desa untuk mempercepat proses pembangunan.

Baca juga: Badung harapkan dukungan pengelolaan Dana Desa dari DPR

Terkait dengan mendukung peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia masyarakat Badung, Bupati Giri Prasta menjelaskan, Pemkab Badung akan merancang beasiswa S1 gratis bagi masyarakat yang kurang mampu, sehingga diharapkan generasi muda Badung minimal mengenyam pendidikan sarjana.

"Untuk melanjutkan pembangunan Badung di masa mendatang, kami membutuhkan SDM yang berkualitas. Oleh karena itu, kami akan memberikan beasiswa S1 gratis untuk masyarakat yang kurang mampu, karena generasi muda yang berkualitas yang akan kami ajak membangun Badung nantinya," katanya.

Ia menjelaskan, dalam upaya menguatkan dan menjaga ketahanan perekonomian masyarakat, pihaknya juga akan mendorong masyarakat untuk menggeluti sektor UMKM dengan memberikan penguatan modal berupa stimulus langsung dari Pemkab Badung.

"Dalam hal penguatan dan menjaga ketahanan perekonomian masyarakat, kami akan memberikan dana stimulus untuk mendorong masyarakat menggerakkan sektor UMKM," ungkap Bupati Giri Prasta.

Baca juga: Dinas Pariwisata Badung latih desa wisata terapkan CHSE

Pihaknya juga terus berupaya menyerap aspirasi masyarakat desa yang akan digunakan sebagai masukan dalam pembangunan seperti yang telah dilakukan di Desa Adat Darmasaba, Badung beberapa waktu yang lalu.

Bupati Giri Prasta menambahkan, pihaknya berkeinginan menjadikan wilayah Darmasaba sebagai desa digital dengan replikasi apa yang sudah dilakukan oleh Desa Punggul, Badung.

"Saya ingin menjadikan Darmasaba terang dan aman dengan dilengkapi lampu LPJ dan CCTV di area yang strategis. Darmasaba juga harus menjadi desa digital atau smart village dengan mencontoh apa yang sudah dilakukan oleh Desa Punggul," ujarnya.

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2021