Dinas Pariwisata Kabupaten Badung, Bali, melakukan pelatihan penerapan program Cleanlinnes, Health, Safety, Environment (CHSE) atau protokol kebersihan, kesehatan, keselamatan dan kelestarian lingkungan bagi desa wisata sebagai upaya menyambut sektor pariwisata dalam era adaptasi kebiasaan baru.

"Desa wisata sebagai salah satu kawasan  diperkirakan akan menjadi salah satu destinasi yang dikunjungi wisatawan pascapandemi COVID-19, dapat mengimplementasikan CHSE dengan baik," ujar Sekretaris Dinas Pariwisata Badung, AA. Yuyun Hanura Enny di Mangupura, Badung, Kamis.

Penerapan program CHSE dengan baik di kawasan pariwisata, nantinya diharapkan akan mampu menjamin keamanan, keselamatan, dan kenyamanan wisatawan dari berbagai wilayah dalam melakukan aktivitas pariwisatanya di kawasan desa wisata.

Baca juga: Pemkot Denpasar dorong pelaku pariwisata patuhi kebersihan-kesehatan

"Dengan penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran pandemi COVID-19 serta pengimplementasian program kebersihan, kesehatan, keselamatan dan kelestarian lingkungan ini juga kami harapkan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat maupun wisatawan untuk berkunjung ke destinasi wisata khususnya di desa wisata ini," katanya.

Yuyun Hanura Enny menjelaskan, pembangunan kepariwisataan merupakan sektor yang strategis bagi masyarakat Pulau Dewata khususnya bagi masyarakat Badung, karena pembangunan di sektor pariwisata  terbukti mampu menjadi penggerak perekonomian masyarakat.

Pemkab Badung juga telah menetapkan kebijakan bagi setiap pengelola daya tarik wisata untuk menyiapkan standar protokol kesehatan dengan menerapkan kebersihan, kesehatan, keselamatan serta kelestarian lingkungan pada daya tarik wisata ataupun destinasi wisata yang ada di wilayah itu.

Baca juga: Peserta "We Love Bali" promosikan CHSE di Nusa Penida-Lembongan

"Dengan pelatihan selama tiga hari dengan narasumber dari Politeknik Pariwisata Bali ini, kami  berharap pihak desa benar-benar siap menerima dan menjamin kenyamanan wisatawan yang berkunjung ke desa wisata ini," ungkap Yuyun.

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2020