Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta didampingi wakil Bupati Klungkung, I Made Kasta menghadiri perayaan Peringatan Hari Ibu (PHI) Ke-92 Tahun 2020 di Ruang Rapat Praja Mandala Kantor Bupati, Senin.

"Secara kuantitas, wanita menunjukan jati dirinya menjadi organisasi kewanitaan yang berkualitas dengan berbagai kegiatan yang diadakan. Melalui PHI diyakini perempuan mampu meningkatkan kualitas hidup serta potensi dan kemampuan sebagai motor penggerak sekaligus sebagai agen perubahan," kata Bupati Suwirta.

Ia mengatakan perayaan Hari Ibu kali ini sebagai bentuk evaluasi untuk memberikan Ibu-ibu dapat berperan aktif dalam membangun pemerintah daerah dan membangun keluarganya. "Mari kita dorong organisasi kewanitaan untuk bisa maju bersama," ajaknya

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Klungkung, I Gusti Agung Gede Putra Mahajaya selaku Ketua Panitia melaporkan, PHI yang dilakukan rutin setiap tahun bertujuan untuk mengingatkan seluruh rakyat Indonesia, terutama generasi muda akan arti dan makna Hari Ibu.

"PHI merupakan upaya Bangsa Indonesia untuk mengenang dan menghargat perjuangan perempuan Indonesia dalam merebut dan mengisi kemerdekaan dengan tema 'Perempuan Berdaya Indonesia Maju'," katanya.

Agung Gede Putra Mahajaya menambahkan perayaan PHI ke -92 dilaksanakan secara sederhana yaitu seminar dengan materi pemanfaatan tanah pekarangan di masa pandemi COVID-19 dengan Hatinya PKK dan menjaga kesehatan dimasa pandemi COVID-19.

"Seminar dilaksanakan di semua kecamatan di Kabupaten Klungkung dan juga dilaksanakan pemberian bantuan pangan kepada masyarakat yang sakit sebanyak 12 paket serta penyerahan bantuan kursi roda sebanyak 2 buah," ujar Agung Gede Putra Mahajaya.

Baca juga: Bupati Klungkung jadi narasumber "video conference" APCAT Asia Pasifik


Operasi Lilin 2020
Pada hari yang sama, Bupati Klungkung, Bali, I Nyoman Suwirta, juga memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2020 di Halaman Kepolisian Resort Klungkung.

Dalam Amanat Pimpinan Apel dari Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia  Jenderal Drs. Idham Aziz, M.Si yang dibacakan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, menegaskan bahwa Apel Gelar Pasukan ini  dilaksanakan sebagai bentuk akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Lilin 2020 dalam rangka pengamanan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

Polri akan menyelenggarakan Operasi Lilin 2020 selama 15 hari, mulai 21 Desember 2020 sampai dengan 4 januari 2021 dengan mengedepankan kegiatan Preemtif dan Preventif secara Humanis, serta penegakan hukum yang tegas dan profesional, tentunya dengan mengedepankan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran COVID-19.

 
Bupati Klungkung, Bali, I Nyoman Suwirta, juga memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2020 di Halaman Kepolisian Resort Klungkung, Senin (21/12/2020)
(Antara News Bali/HO-Humas Pemkab Klungkung/2020)



Dalam pelaksanaan Pengamanan Natal dan Tahun Baru, Polri telah mempersiapkan 83.917 personel Polri, 15,842 personel TNI, serta 55.086 Personel Instansi terkait lainnya. Personel tersebut ditempatkan pada 1.607 Pos Pengamanan untuk melaksanakan pengamanan terkait gangguan Kamtibmas dan Kamseltibcar lantas dan 675 pos Pelayanan untuk melaksanakan pengamanan di pusat keramaian.

"Saya harapkan untuk seluruh Kasatwil mampu menentukan langkah antisipasi yang proaktif dan aplikatif serta cara bertindak yang tepat, efektif dan efisien dalam mengatasi berbagai potensi gangguan yang ada, sesuai dengan karakteristik kerentanan pada masing-masing daerah. Sekecil apapun peran yang diberikan kepadamu, itu akan memberi catatan sejarah bagi perjalanan hidupmu," ujarnya.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengucapkan kepada peserta apel, selamat Hari Raya Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, dan selamat menjalankan tugas dengan baik serta selalu menggunakan protokol kesehatan COVID-19 pada saat bertugas.

Diakhir apel, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta melepas patroli gabungan yang terdiri dari unsur Kepolisian, TNI, Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran dan Unsur terkait lainnya, yang dilaksanakan di seputar Kota Semarapura.

Apel dihadiri oleh Kapolres Klungkung AKBP Bima Arya Viyasa, S.I.K., M.H. dan  Komandan Kodim 1610/Klungkung Letnan Kolonel Czi Paulus Joni Simbolon, S.E. M.Tr.,(Han) dan undangan terkait lainnya.

 

Pewarta: Gembong Ismadi

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2020