Pasangan calon bupati dan calon wakil bupati no urut 2, Sang Nyoman Sedana Arta – I Wayan Diar (Sadia) dinyatakan menjadi pemenang Pilkada 2020 di kabupaten Bangli oleh KPU Bangli, Rabu. setelah melakukan rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan hasil Penghitungan Suara pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bangli Tahun 2020.

“Berdasarkan hasil rapat pleno hari ini, Paslon Cabup dan Cawabup No urut 2, Sang Nyoman Sedana Arta – I Wayan Diar (Sadia) dinyatakan unggul dari pasangan no urut 1 I Made Subrata – Ngakan Made Kutha Parwata alias Bagus,” kata Ketua KPU Bangli I Putu Gede Pertama Pujawan, dalam website KPU Bangli.

Baca juga: Masyarakat Bangli antusias datangi TPS meski Pilkada saat COVID-19

“Keunggulan/perolehan suara Paslon No. urut 2 atas Paslon No. urut 1 berjumlah 88.422 suara berbanding 64.480 suara,” tambah Pujawan.

KPU Kabupaten Bangli mengadakan rapat pleno mulai  pukul 10.09 WITA bertempat di Sekretariat KPU Kabupaten Bangli hingga selesai. Acara berlangsung aman, lancar dengan senantiasa menerapkan protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian COVID-19.

Berdasarkan suara yang masuk dari masing-masing kecamatan sebagai berikut

Kecamatan Bangli, Paslon 1 memperoleh suara sebanyak 12.568, sedangkan Paslon 2 memperoleh suara sebanyak 21.138.

Kecamatan Tembuku, Paslon 1 meraup suara sebanyak 11.643. Sedangkan Paslon 2 meraup suara sebanyak 14.882.

Kecamatan Kintamani, Paslon 1 berhasil memperoleh dukungan sebanyak 31.665 suara. Sedangkan Paslon 2 memperoleh dukungan sebanyak 30.554 suara.

Baca juga: Delapan warga Bangli kena teguran simpatik dalam operasi yustisi

Dari empat Kecamatan di Kabupaten Bangli, Paslon Cabup dan Cawabup No. urut 2 yang diusung Partai Koalisi PDIP, Demokrat, Hanura, Gerindra, dan PKPI berhasil unggul di tiga kecamatan yakni, Susut, Tembuku, dan Bangli.

Sedangkan, Paslon Cabup dan Cawabup No. urut 1 yang dimotori Partai Golkar dan Nasdem hanya bisa unggul tipis di Kecamatan Kintamani yang notabene merupakan asal dari Cabup I Made Subrata.

Sementara, di Kecamatan Tembuku yang merupakan asal dari Cawabup Ngakan Made Kutha Parwata, Paket Bagus harus mengakui keunggulan Paket Sadia dengan selisih berkisar tiga ribu suara.

Pewarta: Adi Lazuardi

Editor : I Komang Suparta


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2020