Wakil Ketua DPRD Provinsi Bali Nyoman Suyasa mengharapkan Perum Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA dalam Hari Ulang Tahun Ke-83 terus menjadi kantor berita terdepan dalam menyajikan berita-berita aktual dan terpercaya serta mampu menekan kabar bohong (hoaks) terkait daerah, sedangkan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bali Dewa Made Indra mengharapkan LKBN ANTARA dalam usia ke-83 menjadi Kantor Berita yang semakin terpercaya dan disegani masyarakat.

"Saya menyampaikan ucapan Dirgahayu Hari Ulang Tahun Ke-83 untuk ANTARA. Sebagai kantor berita milik negara harus menyajikan berita-berita aktual dan terpercaya, sehingga mampu menekan kabar bohong (hoaks) yang selama ini beredar di dunia maya," kata Wakil Ketua DPRD Bali Nyoman Suyasa di Denpasar, Minggu.

Ia berharap Kantor Berita ANTARA terus meningkatkan pemberitaannya sehingga mampu selamanya menjadi corong negara kepada masyarakat dan dunia internasional.

Baca juga: Kepala Dinas Kominfo Jembrana kunjungi LKBN ANTARA Biro Bali (+Elnusa Petrofin+BNI)

"Saya mengapresiasi peran Kantor Berita ANTARA selama ini telah mampu mengedukasi masyarakat, karena perannya juga sebagai referensi utama kepada perkembangan media di Tanah Air," ucap politikus asal Kabupaten Karangasem ini.

Suyasa mengatakan selama ini kerja sama yang dibangun antara lembaga legislatif dan eksekutif sudah berjalan dengan baik, sehingga berita-berita di DPRD bisa disebarkan kepada masyarakat, baik di daerah setempat maupun di seluruh Indonesia dan dunia.

"Semoga kerja sama ini akan terus ditingkatkan sehingga semua kegiatan di Dewan akan terpublikasikan dengan sajian berita yang positif, dan berimbang kepada masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bali Dewa Made Indra mengharapkan Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA yang tahun ini memperingati HUT ke-83 menjadi Kantor Berita yang semakin terpercaya dan disegani masyarakat.

"Kami mewakili Pemerintah Provinsi Bali dengan ini menyampaikan Selamat Hari Ulang Tahun ke-83 LKBN ANTARA,  semoga LKBN ANTARA menjadi Kantor Berita yang terpercaya dan disegani masyarakat," katanya.


Secara khusus, ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada LKBN ANTARA atas penerbitan Buku Esai yang berjudul "Suara Milenial Untuk Bali" yang merupakan suara kaum milenial terhadap program Gubernur Bali I Wayan Koster.


Baca juga: ANTARA di Era Medsos sebagai "News Agency" plus "Newsroom"


Inspirasi dan Optimisme
Hal sama juga dikatakan Penjabat Sekda Kota Denpasar, Made Toya. Ia mengucapkan selamat HUT LKBN ANTARA yang jatuh pada 13 Desember. Dengan usia kantor berita yang sudah melewati setengah abad ini akan mampu menyajikan berita-berita aktual dan berimbang sesuai dengan fakta.

"Sekali lagi saya mengucapkan dirgahayu Kantor Berita ANTARA. Dan selama ini kerja sama dengan Pemerintah Kota Denpasar sudah berjalan dengan baik," katanya.

Secara terpisah, Sekretaris DTW Tanah Lot Tabanan-Bali I Wayan Ari Adnyana mengucapkan Selamat Hari Ulang Tahun ke-83 LKBN ANTARA.

"Manajemen DTW Tanah Lot mengucapkan selamat ulang tahun ke-83, semoga ANTARA selalu bisa memberikan informasi yang positif dan akurat," katanya.

Sementara itu, Komandan Korem 163/Wira Satya Brigjen TNI Husein Sagaf mengirimkan karangan bunga dengan ucapan "Selamat dan Sukses HUT ke-83 LKBN ANTARA - Optimisme Bersama Untuk Indonesia Maju". Karangan bunga lain juga datang dari Kepala Dinas Kominfo Provinsi Bali dan Telkomsel Bali.

"ANTARA harus tetap menjadi agen pemersatu bangsa di tengah kondisi bangsa yang menghadapi berbagai tantangan ini dengan menjadi penyaji informasi yang memberikan inspirasi dan memperkuat optimisme," kata Brigjen TNI Husein Sagaf.

Baca juga: ANTARA Biro Bali luncurkan buku esai peringati HUT ke-83 (video) 

Di Bali, HUT Ke-83 Kantor Berita ANTARA diperingati dengan serangkaian acara, yakni Pameran foto "COVID-19" bertajuk "Grubug Ageng" di Gedung Kesenian Dharmanegara Alaya (DNA) Denpasar pada 3 Oktober hingga 31 Desember 2020, lalu Simakrama Internal Keluarga Besar LKBN ANTARA Bali bersama pensiunan di Kantor ANTARA Bali pada 12 Desember 2020.

"Puncaknya, kami mengadakan Peluncuran Buku "Suara Milenial untuk Bali" di Gedung DNA pada 13 Desember 2020 yang dirangkai dengan Workshop Jurnalistik (Medsos dan Fotografi). Rencananya, peluncuran buku esai dan pembukaan workshop oleh Kepala Dinas Kominfo Provinsi Bali," kata Kabiro ANTARA Bali, Edy M Ya'kub.

Disela-sela HUT Ke-83 di Biro Bali itu, Kepala Biro LKBN ANTARA Bali Edy M Ya'kub juga sempat mewakili Manajemen LKBN ANTARA Pusat menyerahkan "Gawai Pendidikan" kepada pelajar SMPN 2 Denpasar yang memiliki prestasi di bidang tari hingga mancanegara, I Made Manipuspaka (14), di Kantor Biro LKBN ANTARA Bali, Kota Denpasar, Selasa (1/12/2020).


ANTARA di Bali

0. Herman : 1945 = “Kantor” ke-1 ANTARA Bali :  d/h Restoran Betty Jl Sumatera 56, Banjar Titih, Denpasar
      = Lokasi siar proklamasi (18/8/1945)  = dibacakan wartawan bernama  HERMAN
      = Lokasi kibar bendera pertama di Bali (1945)
      = “Berita Proklamasi Kemerdekaan RI sampai ke Provinsi Bali karena dibawa oleh seorang wartawan ANTARA bernama Herman”
          (Buku "Kiprah Kerobokan dan Peranan Markas 'K' Dalam Sejarah Pergerakan Perintis Kemerdekaan dan Revolusi Fisik 1945“ 
           oleh I Gusti Ketut Wibisana Aryadharma)
 1. I Wayan Tjatranata   -  Kepala Perwakilan -  (1972 – 1979)  =  kepala cabang pertama
 2.  Ismail Jacob            -  Kepala Cabang  -  (1979 – 1980)
 3.  Otang Fharyana      -  Kepala Cabang  - (1980 – 1983) = perintis kantor biro-1981
 4.  Syahrul B. Hidayat  -  Kepala Cabang  - (1983 – 1986)
 5.  IB. Alit Wiratmaja    -  Kepala Cabang  (1986 – 1996) = perintis rumah dinas- 1988
 6.  I Ketut Atmadja       - Kepala Biro       - (1996 – 1998)
 7.  IB. Alit Wiratmaja     - Kepala Biro        - (1998 – 2000)
 8.  Chandra Hamdani Noor  - Kepala Biro       - (2000 – 2005)
 9.  Drs. Ahmad Wijaya  - Kepala Biro        -  (2005 – 2007)
10. Tunggul Susilo         - Kepala Biro        - (2007 – 2013) = perintis portal biro (2008)
11. Made Tinggal Karyawan - Kepala Biro-(2013–2016)
       = perintis koran biro “BaliKini” (2015)
       = I Ketut Sutika     -  Plh Kepala Biro  - Sept.-Des.  2016 (pewarta 1979-2018)
12. Edy M Ya’kub           - Kepala Biro        -   (13-12-2016-sekarang)  
      -- portal = portal konvergensi (2017)
      -- bangun SISTEM = SOP (SOP komersil/non-redaksi+SOP redaksi/auran main kinerja)
      -- koran = koran digital = tutup koran biro “Bali Kini” jadi koran digital (2018)
         (sempat ubah koran “Bali Kini” jadi “Indonesia Kini Bali” terkait Kominfo/2017)
      -- branding = pameran fotografi jurnalistik,  pelatihan jurnalistik, Tjatranata Award (2017-2020)
      -- videotron = IMQ/Antara Pusat  (Gianyar, Jembrana, Bangli, Kominfo/bypass – 2019)
      --  re-branding = aksara Bali di portal (2018), buku esai (2020), re-layout portal (2021)

 

Pewarta: I Komang Suparta

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2020