ACT-MRI (Aksi Cepat Tanggap-Masyarakat Relawan Indonesia) Bali mendirikan Dapur Kemanusiaan untuk menebarkan 1.000 paket pangan kepada masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19.

"Dapur kemanusiaan di depan Kantor ACT Bali yang dirikan sejak 26 November itu menyiapkan 1.000 paket pangan siap saji untuk disebarkan di sekitaran kota Denpasar dan Kecamatan Kuta, baik Kuta Utara, Kuta dan Kuta Selatan," kata Korlap Dapur Kemanusiaan ACT-MRT Bali, Wayan Afriadi, di Denpasar, Jumat.

Ia menjelaskan Dapur Kemanusiaan itu didirikan sebagai respons terhadap banyaknya masyarakat yang setiap hari datang ke markas ACT-MRI Bali untuk sekedar meminta bantuan makanan siap saji.

Selain memenuhi kebutuhan permintaan harian, persediaan di dapur kemanusiaan itu juga dibagikan kepada warga masyarakat yang bekerja di sektor informal yang sangat merasakan dampak pandemi.

"Antusias warga kota Denpasar yang mendukung program Dapur Kemanusiaan sangat luar biasa. Tidak sedikit diantara mereka yang menyumbang bahan mulai dari beras, minyak, lauk pauk dan juga sayur mayur. Bahkan ada yang datang ikut membantu di dapur kemanusiaan," katanya.

Sementara itu, koordinator Program ACT-MRI Bali, Yoseph Chandi, menambahkan Dapur Kemanusiaan ini akan terus diadakan sebagai bagian dari kepedulian dalam membantu meringankan beban warga yang terdampak karena pandemi.

"Kami juga sangat berharap banyak pihak-pihak yang ikut ambil bagian dalam program Dapur Kemanusiaan ini," ujarnya.

Sebelumnya (5/11), Ketua ACT Provinsi Bali Arif melakukan "media visit" ke Kantor Biro LKBN ANTARA Bali di Jalan Mataram Nomor 1, Banjar Lumintang, Kota Denpasar, Bali. Tujuannya, ACT ingin mengajak ANTARA untuk melatih relawannya se-Pulau Dewata di bidang penulisan/jurnalistik.

"Kami berharap LKBN ANTARA Biro Bali bisa membantu kami untuk membekali relawan kami dengan ilmu jurnalistik, agar mereka bisa membuat rilis yang layak untuk media. Mungkin bisa dalam bulan November ini," katanya, yang didampingi Humas ACT Bali, Solicin.

Menanggapi harapan itu, Kepala Biro LKBN ANTARA Bali Edy M Ya'kub mengajak ACT untuk mengikutsertakan relawannya dalam Pelatihan Jurnalistik dan Fotografi yang dilaksanakan LKBN ANTARA Biro Bali bersama Pemkot Denpasar dalam rangka "Denpasar Festival 2020" dan sekaligus memperingati HUT Ke-83 ANTARA di Gedung Kesenian DNA Denpasar pada 12 Desember 2020.

"Kebetulan, kami punya agenda pelatihan itu, jadi gabung saja. Nanti, soal rilis yang layak akan dijelaskan di situ," katanya, yang saat itu (5/11) juga menerima kunjungan mahasiswa Pascasarjana Undiknas Denpasar, Ni Nyoman Diliyanti, terkait risetnya tentang peran kantor berita pada industri media lokal dan kerja sama ANTARA dengan media lokal.

Pewarta: Ayu Khania Pranishita

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2020