Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Badung, dr. I Nyoman Gunarta, mengatakan bahwa Puskesmas Abiansemal I, Desa Blahkiuh, Kabupaten Badung, Bali yang dipilih sebagai tempat pelaksanaan vaksinasi COVID-19 sedang mempersiapkan sarana prasarana untuk silmulasi vaksinasi.
 
"Kami terus bersiap diri, tapi terkait tanggal simulasi sampai hari ini kami belum dapatkan dengan jelas. Terkait dengan tempat, sarana prasarana, alat kesehatan dan SDM tetap kami siapkan," kata dr. Gunarta saat dihubungi melalui telepon di Denpasar, Sabtu.
 
Ia menjelaskan untuk vaksinasi COVID-19 di Bali, saat ini belum dilakukan harus menunggu secara nasional. Namun rencana simulasi tetap akan dilakukan di Puskesmas Abiansemal 1, kemudian di Puskesmas Tanah Sareal, Kota Bogor, Jawa Barat dan di Rumah Sakit Leimenna, Ambon.
 
"Untuk pemberian vaksin sudah ada aturan ya. Nanti petunjuk pelaksanaan kami share begitu sudah ada kepastian (pelaksanaan simulasi vaksin) melalui video edukasinya terkait tata cara vaksinasi sudah kami siapkan," jelasnya.

Baca juga: Pemkab Badung apresiasi program PEN untuk restorasi terumbu larang
 
Dikatakannya, untuk tenaga kesehatan yang bertugas nanti juga akan disesuaikan dengan sasaran yang memperoleh vaksin COVID-19. Kata dia, untuk jumlah target yang diperoleh nanti akan, disesuaikan dengan skala prioritas dari petunjuk teknis (juknis).
 
"Tidak ada yang khusus, jadi biasa saja. Ini karena pertama kali saja kita akan lakukan
vaksinasi. Begitu juga untuk sarana prasarana seperti biasa saja, hanya harus ada ruang tunggu 30 menit setelah dilakukan vaksinasi," kata dr Gunarta.
 
Sebelumnya, Puskesmas Abiansemal I ditetapkan menjadi lokasi pelaksanaan vaksinasi COVID-19 sesuai dirancang oleh Kementerian Kesehatan.
 
Untuk pelaksanaan vaksinasi COVID-19 juga dibutuhkan kesiapan sistem kerjanya. Adapun sistem yang dimaksud yaitu berupa prosedur dan tata laksana dari orang yang akan menjalani uji coba vaksinasi mr mulai datang ke Puskesmas, saat pelaksanaan vaksinasi, hingga setelah vaksinasi.

Baca juga: Libur panjang, Pemkab Badung gencar sidak protokol kesehatan
 

Pewarta: Ayu Khania Pranishita

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2020