Jakarta (Antara Bali) - Pecatur wanita asal Ukraina WGM Anastasia Gutsko dinyatakan kalah pada babak tiga turnamen catur internasional wanita dalam rangkaian 7th JAPFA Chess Festival 2012 di Gedung Serba Guna Senayan, Jakarta, karena telepon genggam yang dibawanya berbunyi ketika permainan sedang berlangsung.

"Gutsko dinyatakan kalah karena alarm telepon genggamnya berbunyi," kata wasit pertandingan Endar Sakti Lubis di Jakarta, Senin.

Lawan Gutsko, WGM Evgeniya Doluhanova melaporkan insiden tersebut dan Gutsko mengakui kalau telepon genggam yang ada di dalam tasnya berbunyi, kata Endar.

Karena keduanya mengaku, maka Gutsko yang sebelumnya memenangi permainan di dua babak pertama terbukti melanggar aturan permainan dan dinyatakan kalah.

Pada kesempatan yang sama, pecatur muda unggulan Indonesia WIM Medina Warda Aulia dipaksa remis melawan rekannya WIM Chelsea Monica Sihite di langkah ke-48.

Sedangkan pecatur muda Indonesia Yemi Jelsen dikalahkan oleh pecatur Rusia WGM Anna Burtasova pada langkah ke-26.

Anastasia Gutsko masih memimpin klasemen sementara hingga babak ketiga dengan dua poin, diikuti Doluhanova di posisi kedua dengan dua poin juga, sementara Medina berada di posisi tiga dengan sama-sama memperoleh dua poin. (*/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012