Denpasar (Antara Bali) - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Cabang Benoa, Kota Denpasar, terus berbenah meningkatkan infrastruktur dermaga dan sarana lainnya guna menyambut kedatangan kapal-kapal pesiar berukuran besar dengan membawa ribuan wisatawan ke Bali.

"Peningkatan infrastruktur ini juga mengingat keberadaan pelabuhan ini yang juga melayani peti kemas, penumpang dan bersandarnya ratusan kapal penangkap ikan," kata General Manager PT Pelindo III Cabang Benoa Iwan Sabatini di Denpasar, Senin.

Pada acara serah terima pejabat struktural itu, ia mengatakan, untuk pelabuhan kapal pesiar (cruise) perlu terus ditingkatkan, baik perpanjangan dermaga, pendalaman alur, pemeliharaan kolam maupun penataan lingkungan di kawasan pelabuhan.

"Dengan menjadi pelabuhan kapal pesiar, kami terus melakukan penataan kawasan pelabuhan secara bertahap sehingga tidak lagi terkesan jorok dan kumuh," katanya.

Hal senada diungkapkan Ali Sodikin, mantan Manager Terminal Pelayanan Pelindo Benoa, bahwa perencanaan untuk menyongsong kapal-kapal pesiar ukuran besar sudah ada. "Itu tinggal diwujudkan. Yang sekarang dikerjakan adalah menggarap kapal-kapal pesiar berukuran kecil di zona dermaga marina," ucapnya.

Dikatakan, pembangunan itu harus dapat dilanjutkan oleh penggantinya. Selain itu juga mengantisipasi keberadaan jalan tol Benoa-Nusa Dua yang sedang dibangun. "Saat ini kedua proyek itu sedang dikerjakan sehingga kita harapkan pengganti saya, Pak Sugiono, bisa melanjutkan rencana tersebut," ucapnya.

Ali Sodikin menempati jabatan baru sebagai Asisten Operasional di Pelindo III Tanjung Perak, Manajer Komersial dan Pelayanan Dewa Adi Kumarajaya digantikan oleh Bahara.

Sedangkan Dewa Adi Kumarajaya menjabat General Manager PT Pelindo Cabang Celukan Bawang, Kabupaten Buleleng.(*/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012