Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 Kota Denpasar, Bali, menyebutkan sebanyak 27 orang sembuh dari 326 kasus positif COVID-19 yang sedang ditangani di kota itu.

"Hari ini tercatat penambahan pasien sembuh sebanyak 27 orang. Hal ini sudah ada peningkatan angka kesembuhan pasien positif COVID-19 di Denpasar," kata Juru Bicara GTPP COVID-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai di Denpasar, Jumat.

Ia menjelaskan bahwa angka kesembuhan pasien dan penambahan kasus positif COVID-19 masih fluktuatif sebab banyaknya pasien yang sembuh, juga masih ditemukan kasus positif COVID-19. Karena itu diperlukan kewaspadaan dan kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan.

"Kita bersama memiliki tanggung jawab untuk memutus penyebaran, dan saat ini GTPP tetap fokus melakukan 3T yakni tracing (penelusuran), testing (pemeriksaan) dan treatmen (perawatan). Untuk menemukan kasus, melalui penelusuran, tes, dan isolasi atau perawatan, dan masyarakat diharapkan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan," ujar Dewa Rai.

Baca juga: GTPP: 74,15 persen pasien COVID-19 di Bali sembuh

Ia menjelaskan bahwa walaupun saat ini sudah memasuki adaptasi kebiasaan baru, namun kasus positif baru di internal keluarga dan pasien positif dengan riwayat perjalanan dalam daerah masih menunjukan peningkatan. Kedua klaster baru inilah yang patut diwaspadai bersama, mengingat adanya mobilitas penduduk yang cukup tinggi di Denpasar.

"Masyarakat diharapkan lebih waspada dan disiplin menerapkan protokol kesehatan, termasuk dalam lingkup rumah tangga dan lingkungan sekitar rumah, mengingat dua klaster yakni klaster keluarga dan perjalanan dalam daerah mulai mendominasi," ucapnya.

Melihat perkembangan kasus tersebut, Dewa Rai kembali mengingatkan agar semua pihak ikut berpartisipasi mencegah penularan COVID-19. Karena dalam pencegahan dan penanganan COVID-19 ini terdapat dua cara yakni penelusuran masif yang agresif disertai tes dan isolasi, serta kesadaran masyarakat untuk melaksanakan pencegahan dengan penerapan protokol kesehatan.

Secara kumulatif Dewa Rai menjelaskan kasus COVID-19 di Kota Denpasar sebanyak 1.169 kasus positif, 829 orang telah sembuh, 14 orang meninggal dunia, dan 326 orang masih dalam perawatan.

Baca juga: GTPP Bali catat 121 pasien COVID-19 sembuh
 

Pewarta: I Komang Suparta

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2020