Wakil Bupati Badung, Bali, I Ketut Suiasa, mengajak seluruh masyarakat setempat untuk selalu disiplin dalam menerapkan berbagai protokol kesehatan sebagai upaya mencegah penyebaran pandemi COVID-19.

"Dengan terus bertambahnya jumlah kasus COVID-19, kami mengajak seluruh masyarakat untuk meningkatkan kedisiplinan diri dalam melaksanakan protokol kesehatan pencegahan COVID-19," ujar Wabup Ketut Suiasa, di Mangupura, Badung, Minggu.

Ia mengatakan, masyarakat diharapkan terus mengimplementasikan dan meningkatkan pelaksanaan protokol kesehatan COVID-19 karena juga saat ini masyarakat akan memasuki budaya pola hidup normal baru.

"Berbagai protokol kesehatan yang harus disiplin dilakukan, di antaranya adalah rutin mencuci tangan menggunakan air maupun hand sanitizer, selalu mengenakan masker serta disiplin dalam menerapkan social distancing dan physical distancing," katanya.

Selain itu, sejumlah tempat umum yang ramai dikunjungi masyarakat, seperti pasar tradisional, juga diminta lebih meningkatkan penerapan protokol kesehatan, karena pasar dinilai sebagai salah satu tempat yang paling rentan terjadi penyebaran COVID-19 atau virus corona jenis baru.

Di wilayah pemukiman warga, Wabup Suiasa juga terus melakukan pemantauan upaya-upaya pencegahan penyebaran pandemi COVID-19 yang dilakukan oleh warga dan relawan Satgas COVID-19.

Menurutnya, para anggota Satgas COVID-19, relawan serta tokoh masyarakat sudah bekerja maksimal untuk membantu pemerintah menekan penyebaran wabah virus corona, khususnya dalam upaya memberikan edukasi serta imbauan kepada masyarakat di lingkungan permukiman.

"Seperti kemarin saya telah meninjau posko Satgas COVID-19 di wilayah Desa Dalung. Di sana sinergitas antara satgas dan relawan dengan para tokoh dan masyarakat sudah sangat padu. Kami melihat petugas dan masyarakat sudah sangat partisipatif dengan ikut berjaga, melakukan pendataan warga dan melakukan pengawasan lingkungannya. Itu sangat luar biasa. Kami harapkan upaya itu juga dapat dilakukan oleh desa yang lain sehingga lebih mampu kami mengatur pergerakan masyarakat," ucap Wabup Suiasa.

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2020