Pemuda Indonesia menerima dana hibah "2020 Young Southeast Asian Leadership Initiative (YSEALI) Seeds for the Future" yang menjadi bagian dari 25 proyek dana hibah dari Misi AS untuk ASEAN yang diraih oleh 11 negara anggota YSEALI.

Keterangan pers dari Misi AS untuk ASEAN yang diterima di Denpasar, Jumat menyebutkan nilai hibah dari proyek yang menjadi bagian dari tahun keenam itu mulai dari 6.000 Dolar AS hingga 15.000 Dolar AS untuk melaksanakan proyek lintas tema, seperti keterlibatan masyarakat, pembangunan berkelanjutan, pendidikan, dan pertumbuhan ekonomi.

Pemenang Seeds for the Future tahun ini secara resmi memulai partisipasi mereka dengan menghadiri pelatihan di Hanoi. Mereka menerima bimbingan dan pelatihan untuk membantu mendukung keberhasilan dan keberlanjutan proyek mereka. Pelatihan dibuka secara resmi oleh Duta Besar AS untuk Vietnam, Daniel J. Kritenbrink.

Selama pelatihan, peserta belajar praktik terbaik dalam manajemen proyek, penganggaran, menumbuhkan kesadaran, dan strategi pengiriman pesan. Mereka juga mendapat kesempatan untuk belajar langsung dari anggota penerima dana hibah "Young Southeast Asian Leadership Initiative (YSEALI) Seeds for the Future 2019", yang berbagi kisah dan pengalaman mereka.

Pada hari penutupan, Chargé d'Affaires dari Misi AS untuk ASEAN, Melissa A. Brown, mengingatkan para peserta akan pentingnya pekerjaan mereka dan dampak yang akan mereka berikan untuk masa depan yang lebih baik bagi Asia Tenggara.

Program Young Southeast Asian Leadership Initiative (YSEALI) Seeds for the Future disponsori oleh Departemen Luar Negeri AS dan didanai melalui hibah dari Misi AS untuk ASEAN. Ini adalah tahun keempat Cultural Vista akan mengelola program ini.

Diluncurkan pada 2013, YSEALI adalah program dari pemerintah AS untuk memperkuat pengembangan kepemimpinan dan jejaring di Asia Tenggara. Melalui berbagai program dan keterlibatan, termasuk pertukaran pendidikan dan budaya AS, pertukaran regional, dan pendanaan awal, YSEALI berupaya membangun kemampuan kepemimpinan kaum muda di kawasan ini, memperkuat ikatan antara Amerika Serikat dan Asia Tenggara, dan membina komunitas ASEAN.

Komunitas YSEALI terdiri dari para pemimpin muda yang cerdas, berusia 18–35 tahun, dari Brunei, Kamboja, Indonesia, Malaysia, Myanmar, Filipina, Laos, Singapura, Thailand, Timor-Leste, dan Vietnam yang membuat perbedaan dalam komunitas, negara, dan wilayah.

Pemuda Indonesia meraih lima proyek tunggal dan dua proyek gabungan antarnegara dalam dana hibah "Young Southeast Asian Leadership Initiative (YSEALI) Seeds for the Future Tahun 2020" itu. Lima proyek tunggal dari Indonesia adalah Aku Mampu, Fonik Asyik, LatihID, SULUT Semangat, dan Teach4Future (Indonesia). Proyek "Aku Mampu" mempromosikan ruang kerja inklusif di Indonesia dengan memberdayakan pencari kerja penyandang disabilitas dan mendukung calon pemberi kerja dengan materi pendidikan.

Sementara itu, proyek "Fonik Asyik" mempromosikan literasi di Papua dengan menyediakan program fonika Bahasa Indonesia sebagai metode membaca yang menyenangkan dan komprehensif yang cocok untuk semua pelajar, lalu proyek "LatihID menciptakan peluang pembelajaran online untuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk menumbuhkan bakat mereka, sukses di pasar global, dan meningkatkan ekonomi Indonesia.

Selain itu, proyek "SULUT Semangat" untuk meningkatkan pendidikan konservasi di Sulawesi Utara dengan menciptakan bahan pengajaran yang menyenangkan dan melibatkan peluang peningkatan kapasitas, lalu proyek "Teach4Future" yang merupakan proyek pelatihan guru-guru Indonesia untuk mempromosikan kesadaran lingkungan dan memberikan hibah kecil untuk membantu memasukkan masalah lingkungan ke dalam kurikulum mereka.

Untuk dua proyek gabungan yakni "Etam Impact Academy for Sanitation Heroes" (Malaysia, Indonesia, Kamboja) dan "Edujobs" (Singapura, Vietnam, Indonesia, Malaysia, Thailand). "Etam Impact Academy for Sanitation Heroes" merupakan akselerator dampak terdepan yang didorong oleh kaum muda untuk ide-ide inovatif tentang Air, Sanitasi dan Kebersihan (WASH) untuk memerangi anak-anak yang terhambat pertumbuhan dan kematian di Kalimantan Timur.

Sementara itu, Edujobs (Singapura, Vietnam, Indonesia, Malaysia, Thailand) merupakan proyek dalam menyesuaikan kursus pendidikan mikro dengan kesempatan kerja penuh waktu dan lepas melalui platform online, yang bertujuan untuk meningkatkan tenaga kerja di negara-negara berkembang.

Proyek dari negara lain, yakni A Better Vietnam (Vietnam), Buzz Talk Kamboja (Kamboja), Eureka Hub (Malaysia), FemaLEAD (Vietnam), Guru-Guru Tuli Masa Depan (Vietnam), #GrowASEAN (Filipina), Program Fellows Pengadaan Pemuda IProcure (Filipina), JourneyPH: Stories Across (Philippines), Miles (Malaysia), Mainkan Naturally (Brunei), SAYA (Myanmar), Smile Space (Thailand), Start Me App (Filipina), Sureplus (Filipina), Pemuda Inpaktu Timor-Leste (Timor-Leste), VIGA (Vietnam), Ya ke VOW (Myanmar), dan Proyek Xiang Miang (Laos).

Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2020