Kabupaten Klungkung siap menjadi tuan rumah pelaksanaan puncak peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-48 Provinsi Bali Tahun 2020 pada 17 Maret 2020.

"Mari kita sukseskan acara ini dan berikan yang terbaik," ujar Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, dalam keterangan pers yang diterima, Senin.

Saat menghadiri rapat koordinasi persiapan pelaksanaan HKG di Kantor Bupati Klungkung (7/3), ia mengajak semua OPD, PKK, dan masyarakat untuk menyukseskan kegiatan tersebut.

Rapat itu dihadiri PKK Provinsi Bali, Ketua PKK Kabupaten Klungkung, Ny. Ayu Suwirta bersama pengurus, Kadis PMD Dukcapil Provinsi Bali, Putu Anom Agustina, Kadis PMDPPKB Klungkung, I Wayan Suteja, Dinas Lingkungan Hidup, Satpol PP dan Diskominfo Klungkung.

Bupati Suwirta berjanji akan menyiapkan mobil layanan keliling milik Disdukcapil untuk memberikan pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat yang berkunjung.

Selain itu, untuk mencegah penyebaran kuman atau penyakit, Bupati Suwirta juga meminta panitia agar menyiapkan antiseptik di setiap pintu masuk tempat acara.

Dalam rapat koordinasi itu, Kadis PMD Dukcapil Provinsi Bali, Putu Anom Agustina, menyampaikan harapan untuk dukungan Bupati Klungkung bersama jajarannya agar kegiatan ini bisa berjalan dengan baik.

"Selain seremonial, puncak peringatan HKG 2020 akan ditandai dengan penyerahan paket bantuan PMT kepada balita, penyerahan garam beryodium kepada PKK, penyerahan hadiah kepada pemenang lomba Jambore PKK, pameran UP2K, pasar murah, pemeriksaan kesehatan dan pemberian kacamata gratis," katanya.

Baca juga: 900 anak PAUD di Klungkung ikuti "Gebyar Vitamin A"

Sebelumnya (5/3/2020), Wakil Bupati Klungkung, I Made Kasta, bersama Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Klungkung dan PMI Klungkung mengunjungi bayi Ni Ketut Cempaka Febriani di Dusun Payungan, Desa Selat, Kecamatan Klungkung.

Bayi perempuan itu lahir caesar di RSUP Sanglah pada 3 Februari 2020 dengan berat badan 2,2 kilogram dan saat berumur 20 hari sudah ditinggal almarhumah ibunya, Ni Komang Murni (38), yang mengalami komplikasi penyakit jantung dan sesak napas.

Kini, ia tinggal bersama ayahnya yang kuli bangunan. Melihat kondisi tersebut Wakil Bupati Klungkung, Made Kasta, yang juga Ketua PMI Klungkung menyerahkan bantuan berupa susu, popok, baju dan perlengkapan mandi, lalu Dinas Kesehatan Klungkung membantu susu sesuai kebutuhan selama enam bulan.

Selain itu, Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta selaku Ketua Tim Penanggulangan Kemiskinan Daerah Kabupaten Klungkung juga meninjau KK Miskin di Dusun Tulang Nyuh, Desa Tegak, Kabupaten Klungkung (3/3/2020) yakni I Wayan Serni (78) yang buruh angkut belanjaan di Pasar Galiran), dan Ni Wayan Kutang (95).

Baca juga: Putri Koster: pengentasan stunting/kekerdilan harus jadi prioritas PKK

 

Pewarta: Gembong Ismadi

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2020