Semarang (Antara Bali) - Burung Kepodang berbusana khas Jawa akan menjadi maskot program Tahun Kunjungan Wisata Jawa Tengah 2013, kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Tengah Prasetyo Aribowo.

"Kepodang merupakan fauna khas Jawa Tengah yang memiliki filosofi tinggi," kata Prasetyo di Semarang, Selasa.

Ia menjelaskan, Burung Kepodang melambangkan kekompakan, keselarasan, keindahan budi pekerti, sekaligus melambangkan generasi muda.

Selain maskot, pemerintah provinsi juga telah menyiapkan logo yang akan digunakan untuk mengenalkan program tahun kunjungan wisata provinsi ini.

Logo tersebut berupa grafis pasangan laki-laki dan perempuan penari yang merupakan personifikasi dari kehidupan, kesuburan, dan keharmonisan. "Logo ini akan dikenal dengan nama 'Loroblonyo'," katanya.

Selain maskot serta logo, juga disiapkan slogan "More Then Friendly" yang dimaksudkan sebagai cermin masyarakat Jateng yang ramah, terbuka, serta tolerans.

Maskot dan logo itu akan diluncurkan bersamaan kegiatan olahraga lintas alam "Borobudur Internasional Hash House Harriers 2012", pada pertengahan bulan Mei yang akan diikuti sekitar lima ribu peserta dari 49 negara.(T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012