Bupati Bangli I Made Gianyar menilai lembaga perkreditan desa (LPD) harus mampu meningkatkan usaha kecil di masyarakat, agar lembaga keuangan desa ini berkembang dan maju, diikuti kesejahteraan rakyat meningkat.

Ketika menghadiri ulang tahun LPD Jehem, Bupati Bangli I Made Gianyar mengatakan keberadaan lembaga Perkreditan Desa (LPD) di Bali sebagai lembaga perekonomian desa, telah memberikan banyak manfaat bagi masyarakat, begitu juga di Kabupaten Bangli keberadaan LPD memiliki peran dan manfaat bagi pembangunan sebuah Desa Adat, LPD memberi banyak manfaat dalam kegiatan sosial, dan Budaya,

"Selain itu LPD Jehem juga harus mampu membangkitkan usaha-usaha kecil di masyarakat dengan memberikan bantuan pinjaman kepada pengusaha rumahan di lingkungan Desa Jehem,” ujar Bupati, dalam keterangan pers melalui Diskominfo Bangli, Senin.

Baca juga: BPD Bali-LPD luncukan e-link untuk masyarakat adat

Dalam kesempatan yang dihadiri Kabag Ekonomi Setda Kabupaten Bangli, Camat Tembuku, Kepala Desa  dan tokoh setempat di lingkungan Desa Jehem, Bupati I Made Gianyar juga sangat bangga kepada LPD Jehem karena setiap tahunnya pendapatan LPD Jehem selalu meningkat dan juga kesadaran masyarakat Jehem telah mempercayakan uanggya ditaruh di LPD supaya LPD menjadi lebih maju.

Selain itu, pengawasan dari prejuru adat yakni bendesa adat jehem telah berjalan dengan baik. Di samping itu karena transparansi yang dilakukan pegawai LPD kepada masyarakat semoga nantinya kesadaran masyarakat jehem lebih tinggi kepada LPD Jehem.

Ketua LPD Desa Adat Jehem I Nyoman Dacin mengatakan LPD Jehem ini berdiri sejak tahun 1990 tepatnya pada tanggal 14 Januari 1990 dengan SK No. 36 tahun 1990,LPD Jehem mempunyai Visi Terwujudnya kesejahteraan krama Desa Adat Jehem menuju kemandirian Desa Adat Jehem dengan LPD yang sehat dan produktif.

Baca juga: Bupati Jembrana imbau lembaga keuangan adat tidak hanya kejar keuntungan

Visi ini sejalan dengan Visi pemerintah Kabupaten Bangli yakni Membumikan Ajaran Tri Sakti, Bung Karno untuk mewujudkan masyarakat Bangli yang gita santi, utamanya misi yang pertama, yaitu membangkitkan ekonomi lokal. 

Awal LPD Jehem ini berdiri  pada tahun 1990 mengelola dana sebesar Rp2.000.000 dan pada tahun 1991 mendapat bantuan dari pemerintah sebesar
Rp2.500.000 sehingga menjadi Rp4.500.000 dan sampai saat ini per 31 desember 2019 telah mempunyai aset sebesar Rp24,07 Milyar

Pewarta: Adi Lazuardi

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2020