Peristiwa angin kencang yang terjadi sejak Sabtu siang di sejumlah wilayah Kabupaten Badung, Bali, mengakibatkan sejumlah pohon dilaporkan tumbang.

"Di wilayah Badung ada beberapa peristiwa pohon tumbang yang kami terima laporannya. Dan kami langsung menerjunkan tim untuk melakukan penanganan dengan memotong batang pohon yang tumbang agar tidak mengganggu aktivitas masyarakat," ujar Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Badung, Ni Nyoman Ermy Setiari, di Mangupura.

Peristiwa pohon tumbang di wilayah Badung, di antaranya terjadi di kawasan Pantai Kuta. Satu pohon jenis Waru berdiameter 15 cm dengan panjang delapan meter tumbang sekitar pukul 11.48 Wita.

"Untuk yang di Kuta pohon tumbang menimpa pos jaga Polisi serta kabel listrik PLN. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut," kata Ermy Setiari.

Baca juga: Pohon tumbang timpa dua mobil di jalan by pass Ngurah Rai

Pohon tumbang berikutnya, terjadi di kawasan Jalan Raya Munggu Kapal, Mengwi, Badung. Akibat angin kencang dan hujan deras yang terjadi di wilayah itu, satu pohon berjenis Waru dengan diameter 50 cm tumbang.

"Pohon tumbang tersebut menimpa satu unit kendaraan roda empat dan sempat menutupi badan jalan. Tidak ada korban jiwa juga dalam peristiwa itu," ujar Ermy Setiari.

Selain itu, pohon tumbang juga terjadi di sejumlah kawasan lain di Badung seperti di Desa Carangsari, Desa Abiansemal, Desa Dauh Yeh Cani dan beberapa titik lainnya.

Dalam imbauan resminya, BPBD Provinsi Bali meminta masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman pohon tumbang di sekitar wilayahnya masing-masing akibat adanya kejadian angin kencang di sejumlah wilayah Bali.

Baca juga: Pemkab Badung bangun kawasan "agro techno park" di Belok Sidan

Selain itu, pengguna jalan juga diminta untuk mewaspadai ranting atau dahan pohon yang berpotensi patah serta tidak parkir di sekitar pohon yang rawan tumbang.

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2020