Universitas Udayana (Unud) meresmikan hibah "Teaching Farm Close House" hasil kerja sama dengan pihak PT Charoen Pokphand yang diberikan kepada Fakultas Peternakan Universitas Udayana, Bali.

"Keberadaan fasilitas fisik ini akan memberikan dampak yang positif bagi Unud maupun masyarakat di sekitar kampus, walaupun Unud telah berkembang dan banyak mencapai kemajuan dalam berbagai bidang, kami harus mengakui bahwa kekurangan dan keterbatasan masih ada, seperti kondisi beberapa laboratorium di fakultas yang belum memadai dan perlu dilengkapi," kata Rektor Universitas Udayana, Prof Dr. Anak Agung Raka Sudewi, di Kampus Jimbaran, Kabupaten Badung, Kamis.

Ia mengatakan bahwa saat ini Unud tengah berproses dalam melengkapi dan memperbarui alat-alat laboratorium melalui pengusulan pengadaan. Namun menemukan kendala pada penganggaran dan pembahasan di tingkat pusat.

"Jadi, untuk mengantisipasi hal itu kami membuka peluang kerjasama dengan berbagai pihak untuk bersinergi dan berkolaborasi untuk saling memberikan kontribusi, salah satunya dengan PT Charoen Pokphand," kata Raka Sudewi menjelaskan.

Baca juga: Konferensi ICoSTH diharap perluas publikasi penelitian
Baca juga: 1.614 ilmuwan muda ikuti Pimnas 2019 di Unud

Salah satu bentuk "Teaching Farm Close House" yang dibutuhkan untuk Program Studi Peternakan yaitu Teaching Farm ayam pedaging (broiler).

Selain itu, Teaching Farm berfungsi untuk menunjang proses belajar-mengajar, praktikum, magang (praktek kerja) dan juga sebagai tempat penelitian bagi dosen/mahasiswa yang berkaitan dengan peternakan salah satunya peternakan ayam broiler dengan kapasitas 20.000 ekor.

Ia menjelaskan bahwa Universitas Udayana telah menjalin kerja sama dengan PT Charoen Pokphand, Tbk sejak tahun 2014 yang ditindaklanjuti dengan penandatanganan kerjasama (PKS) antara PT Charoen Pokphand dengan Fakultas Kedokteran Hewan dan Fakultas Peternakan Unud.

Selanjutnya pada tahun 2017 dalam hal pemberian beasiswa bagi mahasiswa berprestasi yang kurang mampu dan bulan Februari yang lalu telah disepakati pemberian hibah pengadaan kandang sebagai sarana belajar mengajar di perguruan tinggi.

"Melalui kerjasama ini PT. Charoen Pokphand memberi kontribusi yang sangat besar dalam pelaksanaan proses pendidikan terutama di Fakultas Peternakan melalui penyediaan satu unit close house untuk ayam pedaging," ucap Raka Sudewi.

Pihaknya berharap adanya Close house ini dapat meningkatkan kompetensi lulusan Fakultas Peternakan dalam bidang produksi ternak unggas dan juga akan berkontribusi dalam penyediaan protein hewani untuk masyarakat Indonesia.

Pewarta: Ayu Khania Pranishita

Editor : I Komang Suparta


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2019