Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, meraih penghargaan Kabupaten Sehat kategori tertinggi, Swasti Saba Wistara dari Kementerian Kesehatan RI.

Menurut keterangan Humas Badung di Mangupura, Badung, Selasa. penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian kepada Kepala Dinas Kesehatan Badung, I Gede Putra Suteja di Ruang Sasana Bhakti Praja Kemendagri, Jakarta.

Gede Putra Suteja mengatakan, penghargaan tersebut merupakan hasil dari upaya dan kerja keras Pemkab Badung yang didukung jajaran DPRD dan seluruh masyarakat dalam mewujudkan kondisi Badung yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni.

Penghargaan Swasti Saba Wistara pada tahun 2019, merupakan penghargaan ketujuh yang diterima Badung di bidang kesehatan.

Baca juga: Gianyar dan Klungkung raih penghargaan "Kabupaten Sehat"

Penghargaan itu diberikan setiap dua tahun sekali dan Kabupaten Badung secara berturut-turut mulai tahun 2007, 2009, 2011, 2013, 2015 dan 2017 meraih penghargaan Kabupaten Sehat.

"Tiga kali Badung meraih tingkat Wiwerda yaitu tahun 2007, 2009 dan 2011, sedangkan sejak tahun 2013, 2015, 2017 dan 2019 ini, kami berhasil meraih Wistara sebagai penghargaan paling tinggi kabupaten/kota sehat taraf pengembangan dengan penilaian meliputi enam tatanan," jelasnya.

Ia mengatakan, diraihnya penghargaan Swasti Saba Wistara diharapkan mampu meningkatkan kualitas kesehatan dan kualitas lingkungan di Badung.

"Kami tidak memandang penghargaan tersebut sebagai sebuah prestise saja, melainkan sebagai sebuah kepercayaan dan amanat yang diberikan kepada kami untuk terus mengawal dan bergerak dalam mewujudkan Badung yang sehat untuk kesejahteraan masyarakat," terangnya.

Baca juga: Kemenkes apresiasi Puskesmas Denpasar Selatan prioritaskan anak

Gede Putra Suteja menambahkan, penyelenggaraan program kabupaten sehat di Badung telah dilaksanakan melalui berbagai program/kegiatan lintas sektor yang mengedepankan partisipasi aktif masyarakat, serta mendorong penguatan sinergi antar seluruh pemangku kepentingan.

"Badung juga telah membentuk tim pembina kabupaten sehat dan tim forum kabupaten sehat di tingkat kabupaten, forum komunikasi kelurahan/desa sehat di tingkat kecamatan hingga pokja kelurahan/desa sehat di setiap desa/kelurahan," lanjutnya.

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2019