Kementerian Perdagangan RI menyerahkan hibah Pasar Badung kepada Pemerintah Kota Denpasar, Bali berdasarkan Surat Menteri Keuangan Nomor S-746/MK.6/2019 tanggal 10 Oktober 2019 tentang Persetujuan Hibah Barang Milik Negara berupa bangunan yang berasal dari dana tugas bantuan pada Kementerian Perdagangan.

Serah terima hibah Pasar Badung tersebut dilakukan Sekretaris Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Syailendra kepada Pemkot Denpasar yang diterima oleh Wawali Kota Denpasar, I Gusti Jaya Negara di Jakarta, dalam siaran pers yang diterima Kamis.

Penyerahan hibah pasar tersebut berdasarkan berita acara serah terima Nomor : 295/M-DAG/BAST/10/2019 pada tanggal 17 Oktober 2019.

Dalam penyerahan hibah pasar tersebut kedua belah pihak menerangkan bahwa pihak pertama telah menyerahkan kepada pihak kedua, dan pihak kedua menerima dengan baik hak atas Barang Milik Negara yang berasal dari DIPA Tahun 2017 Tugas Pembantuan APBN berupa bangunan dengan total nilai perolehan sebesar Rp62,3 miliar lebih, yang selanjutnya disebut sebagai objek hibah.

Baca juga: Presiden: Pasar Badung miliki arsitektur terbagus

Sekretaris Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Kemendag Syailendra mengatakan penyerahan hibah ini sudah sesuai dengan prosedur yang ada. Dimana nantinya diharapkan Pasar Badung bisa menjadi sebuah pasar tradisional percontohan di Indonesia dan bisa menjadi ikon pasar rakyat terbaik di Indonesia.

"Saya berharap Pasar Badung di Kota Denpasar bisa menjadi sebuah pasar rakyat percontohan di Indonesia, sehingga pasar terbesar di Bali menjadi daya tarik sendiri dengan tata kelola yang baik dan bersih serta menjadi salah satu penggerak perekonomian terbaik di Denpasar, dan sudah terbukti banyak daerah telah melakukan studi banding ke pasar rakyat milik Kota Denpasar," jelasnya.

Baca juga: Jokowi belanja buah untuk berbuka di Pasar Badung (video)

Sementara itu, Wakil Wali Kota Denpasar, Jaya Negara menyambut baik karena hibah Pasar Badung ini sudah diserahkan ke Pemkot Denpasar.

Kami menyambut baik atas penyerahan hibah Pasar Badung dari Kementerian Perdagangan RI, yang nantinya akan digunakan sebaik-baiknya untuk kepentingan perkembangan ekonomi kerakyatan di Kota Denpasar, ujarnya.

Jaya Negara menjelaskan bahwa pasar rakyat Pasar Badung, Kota Denpasar mencerminkan pasar rakyat, ramah, segar dan terpercaya yang merupakan sebuah pasar bermanfaat bagi perekonomian masyarakat.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo dan Kementerian Perdagangan RI serta seluruh pihak yang telah membantu dalam proses percepatan pembangunan Pasar Badung yang telah diterima sejak tahun 2011 sampai dengan 2019," tambahnya.

Baca juga: Presiden puji penggunaan tas ramah lingkungan di Pasar Badung
 

Pewarta: I Komang Suparta

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2019