Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Nusa Dua, Bali bekerja sama dengan PT Multi Bintang Indonesia untuk mengadakan pelatihan kepada mahasiswa dalam penyajian minuman bir kepada tamu.

"Kami mengapresiasi kepada Multi Bintang dalam meningkatkan keunggulan layanan industri pariwisata di Indonesia. Dengan dilengkapi pengetahuan tentang penyajian bir yang bertanggung jawab, sehingga mahasiswa kami  dididik dapat berkontribusi positif terhadap pengembangan hospitality dan industri pariwisata di Indonesia," kata Pelaksana Tugas Harian Ketua Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Nusa Dua Bali, Dr. Eka Mahadewi di Nusa Dua, Bali, Jumat.

Ia mengatakan Multi Bintang telah melaksanakan pelatihan penyajian bir yang bertanggungjawab selama empat tahun dan telah melakukan aksi nyata melalui produknya.

"Kami akan melanjutkan komitmen ini dengan berkolaborasi bersama pemangku kepentingan lainnya untuk menciptakan industri pariwisata Indonesia yang unggul," ujarnya.

Baca juga: Unhi kolaborasi pendidikan dengan STP dan Universitas Nusa Putra
Baca juga: STP Kerja Sama Politeknik Singapura Bidang Pariwisata

Sementara itu, Corporate Affairs Director PT Multi Bintang Indonesia Tbk, Ika Noviera mengatakan pariwisata adalah bagian penting pendorong ekonomi Indonesia. Pelatihan vokasi memiliki andil yang cukup besar dalam memastikan kesiapan tenaga kerja pariwisata Indonesia untuk bersaing dengan dunia internasional.

Oleh karena itu, kata dia, pihaknya telah berkomitmen untuk memberikan pelatihan penyajian bir yang bertanggungjawab kepada mahasiswa STP Nusa Dua Bali sejak tahun 2015. Inisiatif ini merupakan bentuk kepedulian Multi Bintang sebagai produsen bir yang bertanggung jawab, untuk meningkatkan keunggulan layanan industri pariwisata di Indonesia.

"Bali merupakan gerbang utama pariwisata Indonesia. Industri minuman beralkohol memiliki peran yang penting dalam mendukung ekosistem pariwisata di Bali. Sebagai pionir, Multi Bintang telah menjalin kerja sama dengan berbagai sekolah tinggi pariwisata di Indonesia untuk memberikan edukasi dalam melayani konsumen dengan lebih baik dan mengadvokasi konsumen untuk menikmati minuman beralkohol yang bertanggungjawab," ucap Ika Noviera.

Ia mengharapkan ketika para mahasiswa ini lulus, kebanyakan dari mereka akan bekerja atau menjadi pengusaha di industri pariwisata yang ada di Indonesia.

"Modul pelatihan ini bertujuan untuk memastikan setiap konsumen dapat menikmati bir secara bertanggungjawab dan mempromosikan penyajian minuman yang baik, terutama di daerah objek wisata. Selain itu, pelatihan ini juga memberikan pengetahuan dan kiat yang berguna untuk mencegah konsumsi minuman beralkohol di bawah 21 tahun," ujarnya.

Selain itu, kata Ika Noviera, bahwa mengurangi kondisi mengemudi dalam pengaruh alkohol, dan cara melayani konsumen dengan kadar konsumsi berlebih. Secara keseluruhan, pelatihan ini akan membantu menciptakan persepsi positif dari sektor perhotelan dan industri pariwisata.

"Kami mengapresiasi Multi Bintang dalam meningkatkan keunggulan layanan industri pariwisata di Indonesia. Dengan dilengkapi pengetahuan tentang penyajian bir yang bertanggungjawab," katanya.

Pewarta: Luh Rhismawati

Editor : I Komang Suparta


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2019