Bupati Badung, Bali, I Nyoman Giri Prasta, menyerahkan bantuan bedah rumah bantuan keuangan khusus (BKK) yang diterima oleh sebanyak 405 orang dengan total nilai bantuan lebih dari Rp20 milliar di Kabupaten Karangasem.

"Ini merupakan bentuk program Badung Angelus Buana atau Badung berbagi dari Badung untuk Bali guna membantu pembangunan fisik serta menyejahterakan masyarakat serta membangun Bali dari pinggiran," ujar Bupati Giri Prasta, di Desa Tianyar Barat, Karangasem, Rabu.

Dalam kesempatan itu, sebanyak sembilan banjar dinas setempat mendapat bantuan bedah rumah diantaranya Banjar Dinas Munti Gunung, Tirta Sari, Labuan Sari, Tegal Sari, Taman Sari, Samuh, Buana Pule, Buana Pekurenan dan Banjar Dinas Batu Meyeh.

Sebelumnya, bantuan serupa juga telah diserahkan ke sejumlah wilayah kabupaten lain yaitu, Kabupaten Buleleng, Kabupaten Jembrana, Kabupaten Tabanan serta Kabupaten Bangli.

Bupati Giri Prasta mengatakan, program tersebut dilakukan atas dasar beberapa aspek diantaranya adalah aspek yuridis, yaitu undang-undang membolehkan bantuan BKK, aspek filosofis berarti ini sudah kesepakatan dari para leluhur kita terdahulu.

Serta aspek sosiologis, yaitu dengan persaudaraan masyarakat Bali yang melalui bantuan itu diharapkan dapat membantu kondisi kehidupan masyarakat penerima bantuan.

"Inilah cara kami untuk dapat berada di tengah- tengah masyarakat dengan merealisasikan bantuan bedah rumah," kata Bupati Giri Prasta.

Ia mengimbau, kepada masyarakat yang mendapat bantuan itu untuk dapat benar-benar mempergunakannya dengan baik dengan membangun rumah yang bentuk bangunannya rumah sehat dan layak huni dengan dilengkapi dengan dua kamar tidur, satu ruang tamu, satu kamar bebas, kamar mandi dan dapur.

"Kami harapkan rumah ini dibangun dengan gotong royong, semangat gotong-royong inilah menjadi motivasi yang kami bangkitkan," katanya.

Ia menambahkan, apabila pembangunan bedah rumah tersebut selesai, pihaknya akan melanjutkan bantuan rehab berat dengan anggaran Rp30 juta dan rehab ringan dengan anggaran Rp15 juta.

"Kami juga menyiapkan program usaha ekonomi produktif bagi warga yang membuat usaha akan dibantu dengan bantuan Rp15 juta yang akan digerakkan di enam Kabupaten di Bali," ujar Bupati Giri Prasta.

Sementara itu, Bupati Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumatri mengatakan, pihaknya berterima kasih kepada Bupati Giri Prasta beserta jajarannya yang dalam kesempatan ini sudah bersedia menyerahkan bantuan bedah rumah BKK Badung sebanyak 405 unit untuk Kabupaten Karangasem.

"Ini merupakan motivasi bagi kami untuk lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya masyarakat Karangasem yang masih menempati rumah tidak layak huni," ujarnya.

Selain menyerahkan bantuan BKK, pada kesempatan itu Bupati Giri Prasta juga menyerahkan bantuan hibah wantilan senilai Rp400 juta bertempat di Pasraman Jiwan Mukti Karangasem.

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2019