Rombongan Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, melakukan kunjungan ke Palembang, Sumatera Selatan, untuk melakukan studi banding agar bisa belajar lebih matang sebelum melanjutkan rencana pembangunan stadion bertaraf nasional di kawasan Mengwi, Badung.

"Badung yang telah dikenal sebagai tempat penyelenggaraan MICE atau Pertemuan, Insentif, Konvensi dan Pameran berskala internasional tentunya akan semakin dapat meningkatkan daya tarik pariwisata dengan pelaksanaan kegiatan olahraga tingkat nasional dan internasional yang diselenggarakan di fasilitas olahraga yang kami miliki," ujar Kabag Humas Setda Badung, Putu Ngurah Thomas Yuniarta, di Palembang, Selasa.

Dalam kegiatan Pekan Informasi Pembangunan (PIP) itu, rombongan Pemkab Badung yang dipimpin Wakil Bupati I Ketut Suiasa akan berada di Palembang, pada tanggal 9 hingga 12 Juli 2019. "Studi banding ini juga merupakan salah satu persiapan kami sebelum menjadi tuan rumah pelaksanaan Porprov Bali tahun 2021," ujarnya.

Untuk itu, menurutnya Pemkab Badung terus berbenah mempersiapkan diri termasuk dalam hal infrastruktur dan sarana serta prasarana olahraga. Dan kegiatan studi banding dinilai perlu untuk mencari daerah pembanding mengenai teknik dan strategi pembangunan stadion berstandar nasional maupun internasional.

"Dipilihnya Palembang ini juga merupakan salah satu hasil curah pendapat dan masukan dari rekan-rekan media untuk meninjau kawasan Jakabaring Sport City," tambahnya.

Sementara itu, Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta mengatakan, pembangunan Stadion Mengwi menjadi prioritas karena pada tahun 2021 mendatang Badung akan menjadi tuan umah Porprov Bali.

"Saya ingin Stadion Mengwi dibangun dengan baik dan tetap menggunakan bebadungan yang konsepnya akan dikolaborasikan dengan hasil kunjungan di Jakabaring," katanya.

Baca juga: Badung selenggarakan GSI jaring pesepak bola potensial

Ia juga menginginkan, di setiap kecamatan di Badung harus memiliki sarana olahraga untuk mendukung kegiatan Porsenides dan mengembangkan potensi olahraga masyarakat desa.

“Misalnya di Selatan sudah ada lapangan sepak bola dua, saya minta dibuatkan lapangan voli termasuk lapangan tenis. Yang jelas sarana olahraga tiap kecamatan kita harus punya, lebih baik lagi kalau setiap desa memiliki fasilitas olahraga" jelasnya.

Pemerintah Kabupaten Badung berencana memperluas kawasan GOR Mengwi menjadi stadion bertaraf nasional dengan kapasitas 15 ribu penonton.

Pembangunan stadion itu diperkirakan akan menelan dana sebesar Rp250 miliar dan diproyeksikan dapat digunakan untuk pelaksanaan Porprov Bali tahun 2021.

Baca juga: "wisata olahraga" berpotensi tingkatkan perekonomian

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2019