Sekitar 300 orang  mengikuti kegiatan seminar dari Badung untuk Bali bertema "Peningkatan Omzet Perusahaan melalui Branding Pemanfaatan Teknologi Informasi" (TI) yang diselenggarakan Pemkab Badung, Bali, bekerjasama dengan PPTrans Bali dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

"Branding memiliki peran penting dalam proses diterimanya sebuah produk oleh konsumen atau masyarakat luas, sehingga penguatan branding telah menjadi kebutuhan bagi pelaku usaha terutamanya usaha mikro kecil dan menengah," ujar perwakilan PPTrans Bali selaku ketua panitia, A.A. Mas Novianti, di Mangupura, Senin.

Ia menjelaskan selain branding yang kuat, untuk mengembangkan pemasaran produk, dalam era revolusi industri 4.0 juga dibutuhkan optimalisasi dalam pemanfaatan teknologi informasi yang ada saat ini.

"Apabila penggunaan teknologi informasi sudah dapat dioptimalkan, maka hal ini akan menjadi kekuatan dalam mengembangkan usaha dan menciptakan pasar produk," katanya.

Ia mengatakan tujuan pelaksanaan kegiatan seminar dari Badung untuk Bali dalam peningkatan omzet perusahaan melalui bidang teknologi informasi itu adalah untuk mengembangkan kemampuan pelaku UMKM dan IKM dalam penguatan branding dalam upaya penciptaan pasar.

"Selain itu kegiatan ini kami harap dapat mengajak para pelaku usaha untuk dapat memanfaatkan teknologi informasi dalam mengatur atau mengendalikan usaha serta mengoptimalkan omset penjualan melalui pemanfaatan E-Commerce," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Badung, I Ketut Suiasa, yang membuka kegiatan seminar itu mengatakan, pihaknya memberikan apresiasi atas pelaksanaan seminar tersebut karena dinilai memiliki peranan penting dan strategis dalam kemajuan kesejahteraan dalam rangka kontribusi serta mempercepat kemajuan di wilayah Indonesia.

Menurut dia, dalam membuat produk barang dan jasa perlu dilakukan upaya pembangunan branding. Dan pembangunan branding saat ini juga harus mengikuti dengan perkembangan teknologi informasi yang ada.

"Jika branding yang dibuat tidak mau mengikuti perkembangan teknologi informasi, maka akan kalah cepat di persaingan global saat ini. Mudah-mudahan dengan seminar ini akan memperkaya wawasan dalam berbisnis," ujar Wabup Suiasa.

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2019