Bupati Badung, Bali, I Nyoman Giri Prasta, menyerahkan bantuan bedah rumah sebanyak 250 unit yang merupakan program Bantuan Keuangan Khusus (BKK)  dalam pembangunan rumah sehat dan layak huni bagi warga Kabupaten Bangli.

"Bantuan bedah rumah ini merupakan salah satu bagian dari program 'Angelus Bhuwana' di Kabupaten Badung yang artinya dari Badung untuk Bali," ujar Bupati Giri Prasta, di Desa Songan B, Kecamatan Kintamani, Bangli, Kamis.

Ia menjelaskan, penyerahan bantuan BKK di Bangli itu merupakan lanjutan dari program pembangunan 2.000 unit Rumah Sehat Layak Huni yang sebelumnya sudah diserahkan di Kabupaten Buleleng, Tabanan, Jembrana yang berlanjut ke Kabupaten Bangli.

"Program ini kami lakukan di enam kabupaten di Bali. Dalam pelaksanaannya, saya meminta kepala desa atau Perbekel untuk membantu masyarakat penerima bantuan agar tidak ada bantuan yang salah sasaran," katanya.

Bantuan sebanyak 250 unit bedah rumah di Bangli akan disebar ke beberapa wilayah yang terdiri dari ke Desa Abang Songan 12 unit, Desa Catur dua unit, Desa Songan A 33 unit, Desa Songan B 75 unit, Desa Suter lima unit, Desa Trunyan 118 unit dan Desa Abang Batudinding menerima bantuan lima unit bedah rumah.

Bupati Giri Prasta menambahkan, pihaknya berharap pembangunan rumah dapat dilaksanakan secara gotong royong, dimana masing-masing penerima bantuan mendapatkan bantuan sebesar Rp50 juta dan tanpa potongan pajak.

"Pembangunan 2.000 unit rumah untuk enam kabupaten kami anggarkan Rp100 miliar. Untuk membangun Bali, kami mengikuti perjalanan Presiden Joko Widodo dengan membangun Indonesia dari pinggiran dan kami dari Badung membangun Bali juga dari pinggiran," ujarnya.

Sementara iti, Bupati Bangli, I Made Gianyar, mewakili masyarakat Bangli mengucapkan terima kasih kepada Bupati Badung bersama jajarannya atas penyerahan bantuan BKK untuk tujuh desa di Kecamatan Kintamani.

"Selain bantuan BKK, Pemkab Badung juga telah banyak membantu masyarakat Bangli khususnya dalam pembangunan pura.
Bantuan itu kami rasa sangat membantu Pemkab Bangli dalam upaya pengentasan kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat," ujarnya.

Ia menjelaskan, bantuan yang telah diberikan Badung untuk Bangli diantaranya, pembangunan infrastruktur jalan di balik bukit dan membuat perairan di Desa Suter yang pendanaannya bersumber dari APBD Bangli dan dibantu oleh Kabupaten Badung.

"Badung memikiki pendapatan APBD paling besar di Bali yang sudah bisa mengurangi kemiskinan Badung dan saat ini berlanjut membantu kabupaten lain yang ada di wilayah Bali. Mudah-mudahan bantuan dari Badung ini juga bisa mengurangi kemiskinan yang ada di Bangli," katanya.

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2019