Tujuh buah asli Kabupaten Jembrana, Bali mendapatkan sertifikat dari Kementerian Pertanian, sebagai tanda buah tersebut secara spesifik berasal dan ada di kabupaten tersebut.

"Ada beberapa jenis buah yang hanya ada di Kabupaten Jembrana, seperti buah kawista. Di kabupaten ini ada juga buah jeruju, yang bisa diolah menjadi obat herbal untuk bisul dan kanker," kata Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Bali I Made Adijaya, yang lembaganya bertugas mendata dan mendaftarkan varietas spesifik daerah-daerah di Bali.

Ia mengatakan varietas atau buah spesifik suatu daerah itu harus dilindungi, agar ke depan tidak diklaim oleh satu pihak, serta bisa menjadi sumber pendapatan masyarakat lokal.

Menurut dia, tujuh buah asal Kabupaten Jembrana yang mendapatkan sertifikat meliputi buah kawista, pisang kayu, pisang lumut, kelapa merah/gading , kelapa genjah hijau, jeruju serta salak gatri penyaringan.

Dengan mendapatkan sertifikat dari Kementerian Pertanian secara legal buah-buahan itu akan dilindungi oleh pusat perlindungan varietas kementerian terkait.

Sedangkan Bupati Jembrana I Putu Artha yang menerima langsung sertifikat tersebut mengatakan sertifikasi buah lokal itu penting untuk melindungi komoditas asli daerahnya.

Ia mengatakan varietas itu suatu saat bisa menjadi sumber ekonomi, dan yang terpenting tidak diklaim pihak lain karena sudah terlindungi lewat sertifikat tersebut.

Kepada dinas terkait ia memerintahkan agar kekakayaan holtikultura itu dikembangkan, sehingga bisa menjadi sumber ekonomi dari sektor pertanian.

Kepala Dinas Pertanian Pangan Jembrana I Wayan Sutama yang juga hadir dalam penyerahan sertifikat ini menambahkan, selain tujuh buah tersebut, pihaknya juga akan mendaftarkan buah jambu air budeng sebagai buah spesifik Jembrana.

Menurut dia, jambu budeng dengan rasa yang manis serta buahnya yang tebal, layak mendapatkan sertifikat tersebut karena hanya bisa tumbuh dan berkembang di Desa Budeng, Kecamatan Jembrana.

"Jambu ini tidak bisa hidup di daerah lain, karena sangat tergantung pada kontur tanah dan iklim. Selama ini, jambu budeng cukup dikenal di Kabupaten Jembrana," katanya. 

Pewarta: Gembong Ismadi

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2019