Bupati Badung, Bali, I Nyoman Giri Prasta, menyerahkan bantuan dana hibah sebersar Rp3 miliar untuk pemugaran dan perluasan Pura Kawitan Kayu Selem di Desa Songan, Kintamani, Kabupaten Bangli.

"Bantuan ini merupakan komitmen Badung berbagi dari Badung untuk Bali dengan berlandaskan Tri Hita Karana. Komitmen ini dipegang teguh untuk meringankan beban pribadi serta komunal masyarakat," ujar Giri Prasta, dalam kutipan keterangan pers Humas Badung yang diterima di Mangupura, Minggu.

Ia berharap, bantuan itu dapat meringankan dan membantu warga setempat dalam melakukan ritual dan persembahyangan kepada Tuhan.

"Dengan tagline "Badung Angelus Buana" ini, kami ingin menjalankan program Presiden Joko Widodo membangun Indonesia dari pinggiran. Program itulah yang kami implementasikan dengan dari Badung membangun Bali dari pinggiran," katanya.

Bentuk lain dari program itu adalah, dengan mulai terealisasinya pembangunan 2.000 unit rumah sehat layak huni untuk enam kabupaten di Pulau Bali, dengan anggaran total sebesar Rp100 miliar.

Setelah program bedah rumah tuntas, akan berlanjut dengan program Usaha Ekonomi Produktif (UEP) kepada setiap keluarga untuk membuat usaha dengan bantuan Rp15 juta.

"Inilah yang ingin kami lakukan membangun Bali secara holistik dan menyeluruh dengan mengamalkan Pancasila yaitu sila kelima, Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia yang artinya semua insan sama dapat dan sama rasa," kata Giri Prasta.

Sementara itu, Wakil Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta, mengapresiasi Bupati Badung yang telah hadir menemui warga Kayu Selem dan memberikan bantian dana hibah sebesar Rp3 miliar, guna mendukung Pembangunan Pura Kawitan Kayu Selem Songan Bangli.

"Saya merasa berbangga sekali karena baru pertama kali semenjak saya menjabat Wakil Bupati Bangli, ini merupakan bantuan hibah dengan nilai yang luar biasa. Tidak berhenti sampai disini, tahun ini di anggaran induk kami, warga Bangli juga dibantu Rp21 miliar lebih," ujarnya.

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2019