Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, melaksanakan Bakti Penganyaran serangkaian Upacara Tawur Agung Panca Bali Krama di Pura Agung Besakih, Karangasem.

"Bakti penganyaran ini merupakan wujud Bakti kami kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa, Tuhan Yang Maha Esa untuk meningkatkan Srada dan Bakti Umat dalam menjalankan Swadarma terhadap Ida Bhatara," ujar Wakil Bupati Badung, I Ketut Suiasa, Jumat.

Dalam kesempatan itu, Wabup Suiasa mengajak seluruh umat untuk meningkatkan rasa "menyama braya" dan gotong royong terhadap antar sesama umat.

"Sehingga yadnya sebagai wujud syukur kami terhadap Ida Bhatara dapat meningkatkan Srada dan Bakti umat menuju swadarma untuk keseimbangan alam semesta," katanya.

Bakti Penganyaran tersebut, diikuti oleh umat secara hikmat diiringi Tetabuhan, sesolahan Topeng Wali yang diakhiri dengan Topeng Sidhakarya. Setelah itu, ritual dilanjutkan dengan persembahyangan bersama yang dipimpin oleh Ida Pedanda Gede Anom Taman Gunung Griya Anom Taman Sari Banjar Gunung Pande Desa Adat Tumbak Bayuh.

Serangkaian penganyaran Karya Tawur Agung Panca Bali Krama dan persiapan Nyanggra / Puncak Piodalan Ida Bhatara Turun Kabeh itu dilaksanakan mulai dari 22 januari lalu.

Terkait rangkaian karya, Puncak Karya Agung Panca Bali Krama dilaksanakan 6 Maret yang lalu dan dilanjutkan Upacara Karya Ida bhatara Turun Kabeh yang dilaksanakan pada tanggal 20 Maret yang akan datang.

Pelepasan anggota pelatihan GP Ansor Kuta Utara

Pada kesempatan berbeda, Wabup Badung I Ketut Suiasa, juga melepas anggota pelatihan GP Ansor wilayah Kuta Utara, Badung, di rumah jabatan Wabup Badung, Mangupura.

Wabup Suiasa mengatakan, pelepasan keluarga Banser untuk mengikuti diklat dasar gelombang keempat tersebut, dinilai memberikan nilai penting dan strategis, tidak sebatas hanya bagi kepada keluarga Banser dan Ansor saja, tapi sangat penting dan strategis bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Kegiatan ini kami harapkan mampu meningkatkan sumber daya manusia yang memiliki akhlak dan loyalitas yang kuat dalam malaksanakan kehidupan," ujarnya. ***3***

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2019