Kementerian Dalam Negeri mengusulkan Kota Denpasar, Bali sebagai salah satu penerima penghargaan "Satya Lencana Karya Bhakti Praja Nugraha", karena kota ini telah berhasil menunjukan prestasi dan beragam inovasi.

Ketua Tim Verifikasi, Kasubid Evaluasi Kinerja Wilayah II, Direktorat Evaluasi Kinerja dan Peningkatan Kapasitas Daerah, Kemendagri Agus Tenno Siburian saat melakukan kunjungan verifikasi ke Pemkot Denpasar, Kamis, mengapresiasi inovasi-inovasi  yang dilakukan pemkot setempat.

"Saya mendengar pemaparan wali kota tersebut sangat bagus. Terobosan dan inovasi-inovasi yang dilakukan sangat positif, seperti pendidikan untuk anak-anak autis, merubah Tukad (Sungai) Badung yang menjadi daya tarik wisata dan lainnya," katanya.

Lebih lanjut, Agus Tenno mengatakan bahwa kunjungan kali ini adalah bentuk verifikasi ke lapangan, jika sudah selaras maka hasil verifikasi adalah bahan yang objektif penilaian selanjutnya.

"Ini harus dipertahankan, jika sampai tiga kali mendapatkan penghargaan ini, maka nantinya akan mendapatkan tanda jasa yang lebih tinggi," ucapnya.

Ia mengatakan penghargaan "Satya Lencana Karya Bhakti Praja Nugraha" merupakan penghargaan kepada daerah terbaik dalam Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EKPPD) terhadap Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD).

Sementara itu, Wali Kota Denpasar Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra menyambut hangat kedatangan tim verifikasi yang tentunya akan menjadi motivasi positif untuk Kota Denpasar agar terus berinovasi ke depannya.

Dalam pemaparan, Wali Kota Rai Mantra mengatakan bahwa reformasi birokrasi dibentuk secara fisik di Graha Sewaka Dharma, sebagai wujud komitmen pelayanan untuk masyarakat di Kota Denpasar.

"Selain itu revitalisasi sungai, revitalisasi pasar tradisional gencar dilakukan, yang berbasis pada partisipasi masyarakat," ujarnya.

Lebih lanjut Wali Kota Rai Mantra mengatakan bahwa Kota Denpasar telah menjalin berbagai kerja sama internasional dan siap berkolaborasi khususnya dalam penguatan ekonomi kreatif.

"Bagaimana ekonomi budaya mampu berinteraksi dengan ekonomi digital, jadi generasi millenial harus terus dirangkul dan diberikan ruang berkarya," katanya.

Rai Mantra berharap, usulan Kota Denpasar mendapatkan penghargaan terkait adalah bentuk motivasi dan semangat agar terus memberikan kinerja yang terbaik dalam segala lini.***2***

Pewarta: I Komang Suparta

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2019