Denpasar (Antara Bali) - Bali akan memberangkatkan 130 keluarga untuk bertransmigrasi di lima lokasi pemukiman baru di Kalimantan Tengah (Kalteng) dan Sulawesi Tenggara (Sulteng) pada 2011.

"Sebanyak 130 kepala keluarga hasil seleksi yang dilakukan enam pemerintah kabupaten dan Kota di Bali siap diberangkatkan menuju tempat pemukiman baru di dua provinsi tersebut," kata Kepala Bidang Transmigrasi Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Kependudukan Provinsi Bali, I Gusti Ketut Rai Mataram, didampingi Kepala Seksi Pengarahan Ketut Walia, di Denpasar, Rabu.

Ia mengatakan, sebanyak 130 keluarga itu segera akan mendapat pendidikan dan pelatihan keterampilan, dengan harapan kemampuan tersebut dapat berguna di tempat pemukiman baru.

Latihan keterampilan menyangkut bidang pertanian, perkebunan, dan sektor-sektor lain akan berlangsung di Denpasar selama seminggu.

Mereka sudah siap diberangkatkan ke tempat pemukiman baru, namun realisasinya masih menunggu kesiapan dari daerah penerima.

Ia menjelaskan, sebanyak 130 keluarga yang siap diberangkatkan ke daerah transmigrasi itu terdiri atas 25 keluarga berasal dari Kabupaten Buleleng akan menuju tempat pemukiman baru di Bombana, Kendari, Sulawesi Tenggara.

Selain itu, 15 keluarga berasal dari Tabanan dan 10 keluarga Kota Denpasar masing-masing menuju lokasi pemukiman baru di Landono, Sulawesi Tenggara.(*)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2011