Denpasar (Antaranews Bali) - Mantan KSAU, Marsekal TNI (Purn) I.B Putu Dunia, memberikan motivasi dan memberikan inspirasi kepada pemuda-pemudi di Pulau Bali, agar ke depannya lebih maju dan bisa meraih cita-citanya yang dituangkan melalui buku berjudul menembus langit.

Peluncuran buku Marsekal TNI (Purn) I.B Putu Dunia menembus langit di Denpasar, Sabtu itu, juga bertujuan agar generasi muda semakin terbuka wawasannya karena semakin ke depan menjalani hidup ini tidak mudah dan perlu perjuangan yang keras maupun persiapan yang matang.

"Saya teringat dengan jargon bahwa pemimpin yang berhasil adalah pemimpin yang berhasil menyiapkan generasinya, sehingga saya memiliki sesuatu pengalaman selama hidup dan selama berdinas, jadi saya ingin menginspirasi anak muda Bali dengan menyumbangkan pengalaman saya dalam sebuah buku ini. Mudah-mudahan bisa menginspirasi," ujar Putu Dunia.

Pria dari keluarga sederhana di Desa Nyambu, Kecamatan Kediri, Tabanan ini, membuat buku tersebut juga karena mencinta Bali dan menginginkan anak muda Bali bisa berprestasi di bidangnya masing-masing.

Putu Dunia yang saat ini berusia 62 tahun, juga ingin memotivasi anak-anak muda Bali agar tampil berprestasi hingga tingkat nasional maupun internasional.

"Saya berharapkan buku ini menginspirasi adik-adik semua," ujar I.B Dunia yang saat ini telah memiliki galeri marsekal, di Banjar Toh Jiwa, Desa Nyambu, Kediri, Tabanan.

Dalam acara yang dihadiri Sekda Provinsi Bali Dewa Made Indra, Pangkoopsau II Marsda TNI Henri Alfiandi, Pangkohanudnas Imran Baidirus, Wadan Kodiklatau Marsma TNI I Nyoman Tri Santosa, Komandan Lanud I Gusti Ngurah Rai Kolonel Pnb Wibowo Cahyono Soekadi itu, pihaknya menyampaikan empat poin penting yang disampaikan buku ini yakni hidup adalah belajar, bekerja adalah ibadah, kejujuran adalah mutiara dan doa adalah senjata pamungkas.

"Saat ini setelah pensiun dari dunia militer, saya ingin mengabdi kepada masyarakat dan berharap masyarakat bisa memanfaatkan pengalaman saya miliki selama ini. Sekali lagi saya ingin masyarakat Bali maju dan anak muda Bali berprestasi," ujar Putu Dunia yang pernah mendapat penghargaan Adimakayasa saat masih menjadi TNI.

Sementara itu, Sekda Provinsi Bali, Dewa Made Indra dalam sambutannya mengapresiasi prestasi putra Bali, I.B Putu Dunia yang mampu menjadi orang hebat karena bisa menjadi putra daerah Bali yang bisa menjadi jenderal bintang empat.

"Melalui buku ini, bisa menjadi sumber inspirasi dan motivasi anak muda untuk menjadi pribadi yang dewasa, khususnya adik-adik pelajar," ujarnya.

Menurut Dewa Indra, buku tersebut menceritakan bahwa ada anak desa yang bisa menjadi pemimpin yang disegani di angkatan udara.

"Beliau satu-satunya putra Bali yang mendapat pangkat sempurna atau bintang empat," katanya.

Untuk itu, .elalui forum ini sangat lah baik untuk para pemuda-pemudi agar mendapat inspirasi sukses dari beliau dan pengalaman beliau bisa dijadikan tauladan karena perjalannya beliau penuh krikil tajam untuk mencapai kesuksesan.

Namun dengan motivasi kuat, maka beliau bisa menjadi orang hebat. Oleh karena itu, pihaknya mengapresiasi dan bisa meniru hal-hal yang baik dari orang yang memiliki prestasi.

"Mudah-mudahan buku ini bisa menjadi inspirasi dan buku ini bisa menularkan pengalaman suksesnya kepada anak muda, sehingga Bali bisa lebih maju dari daerah lainnya dan maju bersaing dengan negara lainnya," ujar Dewa Indra.

Pewarta: I Made Surya Wirantara Putra

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2019