Negara (Antaranews Bali) - Pemerintah Kabupaten Jembrana, Bali melakukan mutasi besar-besaran di kalangan staf maupun pejabat penting bertepatan dengan tiga tahun untuk periode kedua masa kepemimpinan Bupati I Putu Artha dan Wakil Bupati I Made Kembang Hartawan.

"Kepada pejabat yang baru dilantik, saya minta untuk selalu berkompetisi menunjukkan kompetensi, prestasi, integritas serta loyalitas," kata Bupati I Putu Artha, saat melantik ratusan pegawai yang menjalani mutasi, di Gedung Kesenian Bung Karno, Negara, Kabupaten Jembrana, Minggu.

Meskipun menuntut untuk berkompetisi, ia mengingatkan, hal tersebut harus dilandasi dengan sikap bekerjasama dan kekompakan antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD), untuk bersama-sama mewujudkan visi dan misi Kabupaten Jembrana.

Sebagai pejabat, katanya, mereka harus peka terhadap tuntutan, keluhan dan aspirasi masyarakat, karena yang mereka kerjakan adalah untuk kepentingan masyarakat, bukan kelompok atau golongan tertentu.

"Meskipun baru hari ini dilantik, saudara harus langsung bekerja keras. Jangan berleha-leha, tapi harus langsung bekerja sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing," katanya.

Beberapa posisi penting yang diisi pejabat baru antara lain Asisten Bidang Pemerintahan yang diisi oleh I Nengah Ledang yang sebelumnya menjabat sebagai Asisten Administrasi Umum.

Posisi yang ditinggalkan Ledang diisi oleh I Ketut Kariadi Erawan yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup, demikian juga Asisten Bidang Pembangunan Dan Kesejahteraan Rakyat ditempati I Gusti Ngurah Sumber Wijaya yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa.

Pengisian juga terjadi pada Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian Dan Perdagangan yang sebelumnya dijabat I Made Budhiarta digantikan I Komang Agus Adinata yang sebelumnya menjabat sebagai Camat Jembrana, sementara Budhiarta digeser sebagai Kepala Dinas Informasi Dan Komunikasi.

Sektor pendidikan yang merupakan salah satu program unggulan Pemkab Jembrana juga mendapatkan pejabat baru yaitu Ni Nengah Wartini resmi menahkodai Dinas Pendidikan, Kepemudaan Dan Olahraga, setelah sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu Dan Tenaga Kerja.

Sementara itu, Direktur RSU Negara dr Made Dwipayana juga turut dalam gerbong mutasi ini dengan jabatan baru sebagai Kepala Dinas Sosial, termasuk Kepala Bagian Humas Dan Protokol Komang Suparta yang menempati jabatan baru sebagai Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu Dan Tenaga Kerja.

Selain pejabat setingkat asisten dan kepala dinas, mutasi juga dilakukan terhadap kepala bidang, kepala seksi hingga staf dengan total 201 orang.

"Seluruh pegawai yang dilantik harus kompak dan terintegrasi dalam menjalankan tugas dan program. Seluruh OPD antara pimpinan dan bawahan juga harus solid, dengan target utama pengentasan kemiskinan," kata Artha.

Menurutnya, pengentasan kemiskinan tidak bisa hanya dilakukan dengan bantuan fisik seperti bedah rumah, tapi harus diikuti dengan program meningkatkan pendapatan masyarakat, yang hanya bisa dilakukan secara lintas sektoral antar OPD. (ed)

Pewarta: Gembong Ismadi

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2019