Negara (Antara Bali) - Ribuan warga Kabupaten Jembrana memadati pertunjukan wayan cenk blok dengan dalang I Wayan Nardayana yang diundang Pemkab Jembrana dalam rangka HUT Kota Negara ke 116, Selasa 23/8) malam.

Saking banyaknya warga yang ingin menonton wayang itu, Jalan PB Sudirman yang berada persis di depan arena pertunjukan juga menjadi lautan manusia.

Karena berjubelnya warga, pihak polisi lalu lintas bersama petugas perhubungan harus mengalihkan arus kendaraan ke arah tengah Kota Negara.

Dengan membawakan lakon Putu Jembatan Banda, dalang Nardayana berhasil membius penonton termasuk Bupati Jembrana I Putu Artha dan Wakil Bupati I Made Kembang Hartawan.

Ketika dalan memainkan peran Delem-Sangut atau punakawan, ribuan penonton yang hadir termasuk Bupati Artha dan Wabup Kembang Hartawan dibuat tertawa lepas.

Sentilan-sentilan lucu yang disuarakan Delem-Sangut seputar kondisi bangsa termasuk maraknya korupsi, mendapatkan aplaus dari para penonton.

Kepada warga Jembrana, dalang juga berpesan agar mendukung Bupati dan Wakil Bupati yang belum sampai setahun menjabat tersebut.

"Jangan langsung dihakimi kinerjanya, karena memimpin itu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Hasil kerja mereka tidak bisa langsung dilihat tapi perlu waktu dan proses," katanya.

Di sisi lain, berjubelnya penonton juga mendatangkan rejeki bagi puluhan pedagang yang berjualan tidak jauh dari lokasi.

Saking ramainya pembeli, pedagang yang membuka tenda dan menjual nasi, sate, bakso dan makanan lainnya mengaku sampai kehabisan persediaan.

"Saya kira tidak seramai ini, kalau tahu begini tadi saya menyiapkan lebih banyak bahan," kata salah seorang pedagang sate.(*)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2011