Gianyar (Antaranews Bali) - Pramuka Kwartir Cabang Gianyar, Bali, mengasah jiwa relawan dan kepedulian generasi muda terhadap lingkungan melalui kerja bakti di pura atau tempat suci umat Hindu dan kawasan pantai. 

"Secara berkesinambungan kegiatan ini akan dilaksanakan tiap enam bulan sekali, tidak saja menyasar pura di wilayah Gianyar tapi juga pura utama lain di Bali, " kata Wakil Ketua Pramuka Peduli Kwartir Cabang Gianyar Dewa Ngakan Ngurah Adi di Gianyar, Bali, Jumat. 

Ia mengharapkan bakti sosial itu akan menumbuhkan dan memantapkan keterampilan anggota Satgas Pramuka Peduli sesuai dengan Dasa Darma Pramuka yaitu cinta alam dan kasih sayang sesama manusia.

"Sehingga nantinya akan dapat membantu pemerintah dan masyarakat apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," ucapnya. 

Dalam kesempatan itu, puluhan generasi muda anggota Pramuka tersebut melakukan kerja bakti di Pura Erjeruk, Sukawati, Gianyar, serta bersih pantai di sekitar pura dari sampah plastik.  

Sebelumnya para anggota Satgas Pramuka itu juga dibekali dengan berbagai materi mengenai siaga bencana seperti sistem data dan informasi kebencanaan dan managemen posko. 

Selain itu mereka dibekali juga dengan pemahaman terhadap bahaya narkoba oleh BNN. 

Dengan begitu, generasi muda itu juga telah mengimplementasikan konsep masyarakat di Bali yakni Tri Hita Karana, atau tiga wujud kerukunan manusia dengan manusia, manusia dengan alam dan manusia dengan Tuhan.(*)

Pewarta: Dewa Wiguna

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018