Denpasar (Antaranews Bali) - Kodam IX/Udayana bersinergi dengan UTD PMI Provinsi Bali melaksanakan kegiatan donor darah dalam upaya mewujudkan rasa soliditas sosial terhadap sesama dan kemanusiaan yang dirangkai untuk memperingati Hari Juang Kartika Tahun 2018.

"Kegiatan yang berlangsung di Aula Makorem 163/Wira Satya hari ini diikuti 345 orang anggota TNI, Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kodam IX/Udayana dan Persit Kartika Chandra Kirana PD IX/Udayana, Persit Kartika Chandra Kirana Cabang dan Ranting yang ada di Wilayah Garnizun Denpasar," kata Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Benny Susianto, diwakili Kasdam IX/Udayana, Brigjen TNI Kasuri di Denpasar, Rabu.
 
Pelaksanaan donor darah ini berhasil mengumpulkan 251 kantong darah terdiri dari golongan darah A sebanhak 53 kantong, golongan darah B (86 kantong), golongan darah AB (16 kantong) dan golongan darah O (96 kantong).

Sementara 94 orang tidak memenuhi syarat untuk donor karena alasan kesehatan tensi tinggi dan rendah. Dari hasil yang terkumpul semuanya disumbangkan kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan darah melalui UTD PMI Provinsi Bali.

"Saya mengucapan terima kasih kepada para pendonor yang sudah hadir dalam mendukung kegiatan kemanusiaan ini sebagai wujud adanya perhatian, partisipasi dan kebersamaan dalam menumbuhkan rasa solidaritas sosial dengan memberikan bantuan setetes darah kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan darah," katanya.
 
Dengan menyumbangkan setetes darah mempunyai arti yang sangat besar dan memiliki misi kemanusiaan dalam menyelamatkan jiwa sesorang.

Disamping itu mendonorkan darah juga akan mempunyai banyak manfaat bagi sipendonor terutama dalam menjaga kesehatan jantung, meningkatkan produksi sel darah merah, membantu penurunan berat badan, mendapatkan kesehatan psikologis dan mendeteksi penyakit serius.

Pada kegiatan tersebut para pejabat yang hadir antara lain, Kasdam IX/Udayana, Brigjen TNI Kasuri, Irdam IX/Udayana, Danrem 163/Wira Satya, Danrindam IX/Udayana, Asrendam IX/Udayana, para Asisten Kasdam, Kapoksahli, Para Staf Ahli, Staf Khusus, LO AL, LO AU, para Komandan/Kabalak Kodam IX/Udayana, unsur UTD PMI Provinsi Bali dan Pengurus Persit Kartika Chandra Kirana PD IX/Udayana.

Pewarta: I Made Surya Wirantara Putra

Editor : I Komang Suparta


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018