Denpasar (Antaranews Bali) - Fakultas Teknik Universitas Udayana, Bali melakukan desain bangunan yang ramah lingkungan (green building) sebagai upaya mendukung lingkungan masyarakat.
     
Rektor Universitas Udayana Bali Prof Dr. Anak Agung Raka Sudewi dalam keterangan pers yang diterima di Denpasar, Kamis, mengatakan edukasi "green building" diberikan oleh Green Building Council Indonesia wilayah Bali, yakni sebuah lembaga yang fokus dalam mengedukasi dan mengembangkan bangunan sehat dan ramah lingkungan di Bali.

Dalam edukasi ini, mahasiswa jurusan teknik khususnya tehnik arsitektur Universitas Udayana diberikan pemahaman tentang konsep bangunan ramah lingkungan atau green building, yang mengedepankan konsep penggunaan sumber daya bumi yang optimal dan bertanggung jawab. Para mahasiswa jurusan teknik nantinya diharapkan menjadi praktisi bangunan ramah lingkungan di Bali.

Selain edukasi bagi mahasiswa, juga dilakukan penandatangan kesepakatan kerjasama (MoU) antara pihak Universitas Udayana dan Green Building Council Indonesia dalam penerapan dan pengembangan "green building" di  Bali.

"Kami menyambut baik upaya ini dan kami berharap konsep "green building" bisa diterapkan mulai dari lingkungan kampus Udayana. Program studi yang ada nantinya akan menerapkan dan mengembangkan konsep ini," ujarnya.

Putu Agung Prianta, selaku Ketua Green Building Council Bali mengatakan, meski sudah sering disosialisasikan, namun penerapan konsep "green building" di Bali hingga saat ini masih kurang.

"Oleh karena itu, Green Building Council Indonesia berharap adanya dukungan dari pemerintah Provinsi Bali dalam bentuk Peraturan Daerah (Perda) tentang Green Building," ujarnya.

Ia menambahkan Bali mempunyai semangat Tri Hita Karana dan itu harus dipelihara. "Dengan prinsip ini (Green Building), bangunan itu harus memenuhi kaidah hijau, ada konservasi lingkungan di dalamnya,membuat manusia jadi hidup lebih sehat," katanya. (*)

Pewarta: I Komang Suparta

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018