Denpasar (Antaranews Bali) - Universitas Hindu Indonesia Denpasar (Unhi) Denpasar meluncurkan manajemen sistem informasi "Sruti" atau Sistem Informasi Universitas Terintegrasi bertepatan dengan peringatan Dies Natalis ke-55 kampus setempat.

"Sruti ini aplikasinya bisa diunduh lewat android, sejalan dengan upaya kami menjadi universitas yang modern," kata Rektor Unhi Denpasar Prof Dr drh I Made Damriyasa, disela-sela peluncuran Sruti tersebut, di Denpasar, Rabu.

Bahkan, Prof Damriyasa mendaku (klaim) bahwa Unhi Denpasar menjadi kampus pertama di Indonesia yang sistem informasi menggunakan aplikasi android.

Peluncuran "Sruti" tersebut, lanjut dia, merupakan bentuk komitmen pihaknya dalam tata kelola kampus yang lebih modern, mulai dari sisi tata kelola akademik, administrasi, maupun tata kelola SDM dengan berbasis teknologi informasi yang terintegrasi.

"Jadi, ke depan dengan sistem yang sudah berjalan, tentu akan terjadi efisiensi dalam penggunaan sumber daya manusia, dan memiliki data yang terintegrasi dan akurat," ucapnya.

Menurut dia, dengan penggunaan teknologi informasi diyakini bisa memperkuat kompetensi yang ingin dibangun di universitas. "Pada prinsipnya universitas merupakan gudang informasi dan komunikasi," ujarnya.

Tetapi kalau  universitas ketinggalan dalam mengikuti perkembangan teknologi informasi,  maka kata Prof Damriyasa, kampus siap-siap akan berubah menjadi museum karena selalu berbicara masa lalu. "Padahal seharusnya kampus bisa melakukan antisipasi ke depan, menangkap peluang pasar dan ancaman paling tidak untuk 10-20 tahun ke depan," katanya.

"Sruti" yang diluncurkan Unhi Denpasar, sekaligus untuk memperkokoh pondasi universitas untuk mewujudkan pelayanan yang profesional, bermartabat, cepat, optimal dan modern.

Adapun sistem dan aplikasi dalam Sruti Unhi Denpasar yakni Asta Manik (Aplikasi Terintegrasi Manajemen Akademik), Asta Bayu (Aplikasi Terintegrasi Bayar Kuliah), Aswin (Aplikasi Wisuda Online),  Smrti (Sistem Manajemen Registrasi Terintegrasi), Asta Kali dan Samaweda (Sistem Informasi Manajemen Web).

Dalam kesempatan itu sekaligus diluncurkan jurnal internasional "Inter-Religious and Culture Studies".  Nantinya hasil seminar-seminar di Unhi Denpasar juga dapat dipublikasikan dalam jurnal internasional tersebut. (ed)

Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018