Badung (Antaranews Bali) - Sebanyak 976 orang pegawai yang memiliki ijazah SMP, SMU dan Sarjana (S1) di Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, mengikuti ujian kenaikan pangkat Penyesuaian Ijazah (PI) yang diadakan pemerintah daerah setempat.

"Saya menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan PI bagi pegawai Pemkab Badung dan berharap peserta yang ikut ujian PI dapat lulus semuanya. Hal itu akan sangat menentukan karier pegawai ke depannya," ujar Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta, saat memberikan pengarahan bagi peserta ujian di Kantor DPRD Badung, Jumat.

Dari 976 peserta ujian tersebut, sebanyak lima orang mengikuti penyesuaian ijasah SD ke SMP golongan I, PI SMP ke SMU golongan II sebanyak 116 orang. PI SMU ke Diploma III golongan II sebanyak satu orang dan Penyesuaian Ijazah SMU ke S1 golongan III sebanyak 854 orang.

Dalam kesempatan itu, Giri Prasta juga mengajak Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemkab Badung untuk bersatu dan melaksanakan tugas pelayanan kepada masyarakat dengan jujur, disiplin dan bekerja.

"Pegawai Pemkab Badung harus bersatu, jangan ego sektoral. Saya contohkan, dalam penanganan kebakaran, sebelum personel pemadam kebakaran menuju lokasi kejadian, Dinas Perhubungan sudah harus mensterilkan jalan, Satpol PP dan Dinas Kesehatan juga sudah siap dilokasi. Satu persoalan dikerjakan empat OPD, itu yang namanya bersatu," katanya.

Ia juga menekankan, seluruh jajaran pegawai di Badung untuk bekerja dengan ikhlas, cerdas, tuntas serta bekerja dengan hati, berhati-hati dan sepenuh hati. Sehingga pelayanan kepada masyarakat dapat maksimal serta dapat mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat Badung.

"Kami harapkan Badung dapat menjadi contoh (role model) bagi pemerintah pusat dalam menyejahterakan masyarakatnya. Kami juga berkomitmen untuk menyejahterakan pegawai Pemkab Badung. Hal ini telah diperhatikan salah satunya dengan peningkatan Tunjangan Penghasilan Pegawai (TPP)," ujar Giri Prasta.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Badung, I Gde Wijaya mengatakan, tujuan dari pelaksanakan ujian PI itu adalah untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan peserta terhadap manajemen pengembangan karier melalui kenaikan pangkat penyesuaian ijazah.

"Kegiatan ini juga akan mendukung pengembangan karier bagi PNS melalui kenaikan pangkat penyesuaian ijazah. Ujian PI dilaksanakan secara Computer Assested Test (CAT) pada Senin (17/9) hingga Kamis (20/9) mendatang di Kantor Regional X BKN Denpasar yang dilanjutkan dengan penilaian kinerja pada 21 September mendatang di BKPSDM Badung. (WDY).

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : I Komang Suparta


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018