Badung, (Antaranews Bali) - Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta, menyerahkan hewan kurban dalam rangka perayaan Idul Adha 1439 Hijriyah bagi umat beragama Muslim sebagai wujud toleransi dan kerukunan umat beragama di wilayah Kabupaten Badung, Bali.

"Perayaan Idul Adha 1439 H di Badung ini merupakan salah satu contoh bahwa Pemkab Badung berpegang teguh pada Pancasila sila kelima yakni, keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," ujar Bupati Giri Prasta saat menyerahkan seekor sapi dan kambing kepada panitia Pengurus Hari Besar Islam Kecamatan Mengwi dan Abiansemal di Lapangan Puspem Badung, Rabu.

Ia mengatakan, hal tersebut memiliki arti bahwa semua insan sama dapat dan sama rasa dan merupakan wujud dalam menjaga empat pilar kebangsaan yaitu, Pancasila, UUD 45, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika yang merupakan warisan para pendiri bangsa termasuk para ulama dan kyai.

"Mengisi kemerdekaan itu harus dijalankan dengan menjaga keberagaman umat beragama. Yang beda jangan sekali-kali dipaksakan menjadi sama, tetapi yang sama jangan dibedakan. Itulah  konsep yang kami lakukan sehingga kami dalam mengambil kebijakan dan membuat program harus semua insan sama dapat dan sama rata," katanya.

Bupati Giri Prasta menjelaskan, berdasakan konsep itu, dirinya bersama seluruh jajaran selalu membantu kebutuhan seluruh umat termasuk umat beragama Muslim.

"Ketika umat Muslim membuat sekolah di wilayah Kuta Selatan saya bantu. Sekarang ada lagi pembangunan masjid di wilayah Canggu Permai dan nanti juga pembangunan masjid yang ada di wilayah Abiansemal juga akan kami bantu sepenuhnya. Ini merupakan wujud dan perilaku perbuatan kepada umat Muslim yang ikut mewarnai pembangunan di wilayah kami," ujar dia.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana PHBI Mengwi dan Abiansemal, Dru Hendro mengatakan, kegiatan peringatan Hari raya Idul Adha dengan menggelar Shalat Idul Adha di Lapangan Puspem Badung itu merupakan kegiatan rutin setiap tahun yang dilaksanakan oleh umat Muslim di wilayah Mengwi dan Abiansemal. 

"Idul Adha tahun ini mengambil tema 'Jiwa Pengorbanan Nabi Ibrahim dan Suritauladan Sahabat Nabi Muhammad SAW' yang memiliki sebuah pengorbanan seorang Nabi sebagai contoh pendidikan pada umat manusianya," ujarnya.

 Di wilayah itu, hewan yang di kurbankan dalam peringatan Idul Adha 1439 H sebanyak 40 Ekor sapi dan 90 Ekor Kambing. ***4***

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018