Bangli (Antaranews Bali) -  Sebanyak  350 peserta dari perwakilan anak-anak Sekolah Dasar (SD) se-Kecamatan  Bangli ambil bagian dalam karnaval sepeda hias bertemakan merah putih yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangli, serangkaian peringatan HUT RI ke-73 di Kabupaten Bangli.

Peserta sepeda hias, dilepas langsung oleh Wakil Bupati (Wabup) Bangli Sang Nyoman Sedana Arta di depan Kantor Bupati Bangli, Selasa (14/8). Acara ini juga disaksikan oleh Dandim 1626 Bangli Letkol. Andy Pranoto, Wakapolres Bangli Kompol Ketut Gelgel, perwakilan Kajari Bangli dan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemkab. Bangli. 

"Di setiap perayaan hari kemerdekaan, kita di Kabupaten Bangli selalu menggelar berbagai kegiatan, baik yang melibatkan seluruh instansi pemerintah, pelajar sampai masyarakat umum. Seperti hari ini, kita menggelar pawai sepeda hias bernuansa merah putih, yang melibatkan SD se- Kecamatan Bangli," kata Wakil Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta. 

Ia menjelaskan, pawai sepeda hias bernuansa merah putih, merupakan salah satu wahana untuk menumbuhkan rasa nasionalisme generasi muda terkecil sejak dini, sehingga dikemudian hari, mereka tumbuh menjadi generasi yang kuat, yang nasionalismenya tidak perlu diragukan lagi.

Selain itu, jelas dia, pawai sepeda hias juga merupakan wahana yang tepat untuk memberi ruang bagi anak-anak untuk berkreasi sesuai seni dan imajinasinya. Ini kegiatan yang positif, yang memberi ruang bagi anak-anak untuk berkreasi. Apalagi, lanjut dia, di usia anak-anak, mereka bisa mengaplikasikan imajinasi mereka dengan karya yang sangat inspiratif.

"Ada yang menghias sepeda menyerupai lambang burung garuda, kendaraan tempur tank, perahu dan lainnya.  Ada juga yang menghias sepedanya dengan gambar pahlawan sampai menghias dengan gambar Presiden Joko Wididi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Ini membuktikan kratifitas anak-anak muda Bangli sangat tinggi," katanya.

Sementara itu ketua panitia penyelenggara Putu Maha Edi menyebutkan,  peserta karnaval sepeda hias mencapai 350 orang yang merupakan perwakilan dari sekolah dasar se Kecamatan Bangli. "Kegiatan ini disambut antusias anak-anak, terbukti mereka begitu semangat untuk menampil berbagai kreasi seni pada sepeda mereka," katanya.

Adapun rute sepeda hias, sambung dia,  untuk start dilakukan di depan kantor  Bupati Bangli menuju utara, kemudian didepan eks RSUD Bangli menuju  Jalan Kesuma Yudha, selanjut peserta menujur Jalan Cendra Wasih, selanjutnya Banjar Gunaksa ke timur menuju LC. Uma Bukal tembus di Jalan Nusantara, kemudian menuju jalan Merdeka dan di depan  Polres Bangli menuju ke barat hingga kembali finis di depan Kantor Bupati Bangli.

Dijelaskan juga, pawai sepeda hias  merupakan agenda rutin yang diselenggarakan setiap tahun, untuk terus mengobarkan semangat perjuangan para pahlawan kepada generasi muda. Sehingga mereka memiliki semangat untuk menjadi pahlawan dimasa kekinian, pahlawan dalam memerangi kemiskinan dan kebodohan. “Melalui karnaval sepeda hias ini kita ingin terus menanamkan semangat perjuangan kepada generasi muda," katanya.

Pewarta: Adi Lazuardi

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018