Denpasar (Antaranews Bali) - Kepolisian Sektor Denpasar Barat, Polda Bali, menembak kedua kaki pelaku pencurian 13 unit kendaraan bermotor di Wilayah Denpasar, karena mencoba kabur saat ditangkap petugas kepolisian setempat.

"Pelaku bernama I Nyoman Untung (48) berusaha melawan petugas saat ditangkap, sehingga kami berikan hadiah timah panas saat ditangkap pada 7 Agustus 2018, Pukul 02.00 Wita, karena melakukan pencurian berulang kali," kata Kapolsek Denpasar Barat, Kompol Adnan Pandibu didampingi Kanit Reskrim Iptu Aji Yoga Sekar di Denpasar, Kamis.

Ia mengatakan, tersangka telah melakukan 14 kali melakukan aksi kejahatan dengan melakukan aksi pencurian sembilan kendaraan bermotor dan enam kasus penipuan kendaraan bermotor yang dilakukan selama dua bulan terakhir.

Adnan mengatakan, modus pelaku dalam melakukan aksi pencurian dan penipuan sepeda motor yaitu menyasar warung-warung yg ada di sekitar wilayah Denpasar Utara dengan menyasar motor yang terparkir dipinggir jalan dan sepeda motor yang kunci nyantol.

"Ketika pemilik kendaraan tidak memperhatikan kedatangan pelaku saat ada pergi kewarung. Selanjutnya, sepeda motor yang diparkir dalam kondisi kunci nyantol, pelaku lantas mengambil sepeda motor korbannya dan dibawa kabur," katanya.

Modus lain yang digunakan pelaku dengan berpura-pura meminjam sepeda motor saat motor diparkir dalam kondisi terawasi pemilik, maka pelaku meminjam motor dengan alasan untuk membeli bensin karena motornya mogok.

"Pelaku datang dengan membawa helm dan membujuk meminjam sepeda motor korban karena mengaku motornya sedang habis bensin jika diberikan, maka pelaku langsung pergi dan membawa kabur sepeda motor korban," katanya.

Aksi pencurian dan penipuan 14 unit motor ini, lanjut Adnan, dilakukan di TKP Wilayah Denpasar Barat sebanyak sebanyak sembilan TKP dgn rincian lima kasus pencurian dan empat kasus penipuan.

Kemudian, lima TKP dengan rincian satu di Wilayah Denpasar Timur dengan modus meminjam motor korban (penipuan) dan empat Wilayah Mengwi Badung kasus penipuan dgn modus yg sama.

"Untuk motor yang dijual tersangka kepada penadah juga sudah kami lakukan penangkapan. Saat ini pelaku sedang menjalani proses pemeriksaan dan penyidikan di Polsek Denpasar Barat," katanya. (ed)

Pewarta: I Made Surya Wirantara Putra

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018