Gianyar (Antaranews Bali) -  Satuan tiugas (Satgas) Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Gianyar, Bali  melakukan penanganan terhadap genangan air yang terjadi di Puskesmas II Blahbatuh, pada Selasa (7/8), sebagai akibat tingginya curah hujan dan saluran pembuangan limbah (drainase) tersumbat sampah.
    
Genangan air yang terjadi sejak Senin malam (6/8) mengakibatkan areal parkir Puskesmas tergenang  dan tim dari Dinas Lingkungan Hidup seera berhasil mengatasi masalah tersebut, kata Kepala DLH Gianyar, I Wayan Kujus Pawitra di Gianyar, Rabu.
   
Ia mengatakan, satuan tugas (Satgas) dari DLH Gianyar yang datang ke lokasi lengkap dengan mobil pengakut sampah. Selanjutnya mereka melakukan aksi pembersihan pada drainase di sebelah barat Puskesmas tersebut, yang diketahui menjadi penyebab genangan air pada areal parkir puskesmas itu.
   
Tidak butuh waktu lama, petugas langsung mengangkut sampah batang pohon kelapa, pohon pisang dan sejumlah sampah lainnya. "Itu dominan sampah yang hanyut dari hulu, dan menyumbat aliran drainase pada gorong-gorong di bawah jalan itu," ujar  I Wayan Kujus Pawitra.
   
Ia menjelaskan, sumbatan pada drainase itu sudah dibersihkan, setelah itu genangan air di Puskesmas II Blahbatuh bisa teratasi, sehingga tidak sampai mengganggu proses pelayanan di kantor tersebut.
   
Ia  mengharapakan partisipasi masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan. Perlu kesadaran bersama, untuk tidak sembarangan membuang sampah, apalagi ke sungai, agar tidak memicu banjir saat intensitas hujan tinggi.
   
"Oleh sebab itu  partisipasi seluruh komponen masyarakat sangat diharapkan untuk ikut serta dalam menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Seperti penyediaan tong sampah hingga pengelolaan sampah.  Pengelolaan sampah mestinya dilakukan, seperti yang sudah berhasil dilakukan di desa lainnya di wilayah Gianyar," ujar I Wayan Kujus Pawitra. (*)

Pewarta: I Ketut Sutika

Editor : I Komang Suparta


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018