Denpasar (Antaranews Bali) - Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Benny Susianto meminta Dewan Pengurus Daerah dan Dewan Pengurus Cabang Himpunan Putra-Putri Keluarga Angkatan Darat (Hipakad) se-Bali masa bhakti 2018-2023 yang telah dilantik dan dikukuhkan agar dapat memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Saya berharap peran Hipakad Bali dapat menunjukkan eksistensinya sebagai organisasi yang menjunjung tinggi nilai nasionalisme," kata Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Benny Susianto dalam sambutannya yang dibacakan Astrer Kasdam IX/Udayana Kolonel I Kadek Subawa, di Aula Udayana, Makodam IX/Udayana, Senin.

Pihaknya mengingatkan, keberadaan Hipakad harus sejalan dengan tema yang diusung dalam pelantikan dan pengukuhan pengurus yang ingin mewujudkan "Satu Tekad, Integritas dan Jiwa Korsa menuju Indonesia Jaya".

Saat ini, rasa nasionalisme dan wawasan kebangsaan dikalangan generasi muda seakan mulai luntur, kenyataan seperti ini akan dapat mengakibatkan Bangsa Indonesia kehilangan identitas dan jati dirinya.

"Menyikapi kenyataan ini dengan kelebihan disiplin dan etos kerja yang dimiliki, Hipakad harus mampu menjadi pelopor dalam meningkatkan rasa nasionalisme dan wawasan kebangsaan yang sudah mulai luntur tersebut atau setidaknya mampu menyumbangkan pemikiran positif dan konstruktif demi kemajuan bangsa," katanya.

Ia mendorong, Hipakad Bali memiliki komitmen untuk mengelola organisasi ini dengan berbagai kegiatan yang dapat meningkatkan rasa nasionalisme dan wawasan kebangsaan guna mempertahankan keutuhan NKRI.

"Negara Kesatuan Republik Indonesia dapat dipertahankan hanya dengan tekad, persatuan dan soliditas yang tinggi oleh karenanya peran Hipakad ini sangat strategis," ujarnya.

Menurut dia, generasi muda merupakan harapan bangsa guna meneruskan kepemimpinan bangsa di masa depan, karena itu dengan dilantik dan dikukuhkannya Dewan Pengurus Hipakad kali ini,

Untuk Ketua DPD HIPAKAD Provinsi Bali, dipercayakan kepada John Korassa Sonbai dan para pejabat yang hadir yakni Kolonel Inf Yusran Yunus mewakili Menkopolhukam, Irdam IX/Udayana, Danrem 163/Wira Satya, para Asisten.

Kemudian, Ketua Umum DPP Hipakad, Para Komandan/Kabalak Kodam IX/Udayana, Dansat Brimob Polda Bali, Para Dandim se Bali, Ketua DPRD Provinsi Bali, Kakesbangpol Badung, Ketua Pepabri, Ketua LVRI, Ketua FKKPPI, Ketua KNPI dan Ketua PPM. (ed)

Pewarta: I Made Surya Wirantara Putra

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018