Badung (Antaranews Bali) - Sejumlah pesepak bola usia muda dari enam Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Kabupaten Badung, Bali, mengikuti Gala Siswa Indonesia 2018 cabang sepak bola yang digelar sebagai upaya untuk menjaring bibit pesepak bola usia muda.

"Pelaksanaan Gala Siswa Indonesia bagi pesepak bola muda ini merupakan upaya kami untuk meningkatkan kualitas dunia olahraga, khususnya cabang sepak bola yang ada di Badung," kata Ketua Koni Badung, I Made Nariana di Lapangan Putra Angkasa Kapal, Badung, Selasa.

Made Nariana mengatakan, pelaksanaan pertandingan maupun kejuaraan yang intensif akan meningkatkan kualitas dunia olahraga secara bertahap.

"Dari pelaksanaan kejuaraan tersebut, juga dapat memunculkan klub-klub serta bibit pemain yang berkualitas yang nantinya dapat mengharumkan nama Badung pada penyelenggaraan event olahraga dalam tingkatan yang lebih tinggi," ujarnya.

Ia menambahkan, dalam pelaksanaan sebuah kejuaraan, yang terpenting adalah bagaimana para pemain nantinya mampu mendapatkan pengalaman berharga yang akan sangat bermanfaat bagi pemain pada masa yang akan datang.

"Saya juga berpesan kepada seluruh pesepak bola yang ikut berlomba untuk selalu menjaga sportifitas dalam setiap pertandingan," katanya.

Ketua Panitia Gala Siswa Indonesia Badung, I Ketut Widia Astika mengatakan, pelaksanaan kejuaraan tersebut diharapkan dapat membangkitkan gairah persepak bolaan di Badung sehingga mampu mendorong dan memberdayakan olahraga khususnya pada cabang sepakbola sebagai bagian yang penting dan strategis bagi pencapaian prestasi.

"Kegiatan ini kami harap juga dapat meningkatkan kesadaran, memberikan kontribusi positif bagi bekal hidupnya dan membangun pendidikan olahraga khususnya bagi para atlet usia muda," ujarnya.

Ia berharap, Gala Siswa Indonesia juga dapat menjaring siswa terbaik dalam bidang olahraga sepak bola, sebagai atlet potensial yang akan berpartisipasi pada tingkat yang lebih tinggi. 

"Selain itu, yang terpenting kegiatan ini dapat menjalin kesatuan dan persatuan antar-siswa seluruh Indonesia dan menghidupkan persepak bolaan bagi para pelajar," ujarnya.

Dari hasil seleksi tingkat kecamatan, Gala Siswa Indonesia Badung diikuti oleh enam SMP yaitu, SMPN 1 Petang, SMPN 1 Abiansemal, SMPN 2 Mengwi, SMPN 2 Kuta Utara, SMPN 1 Kuta dan SMPN 2 Kuta Selatan. 

Kejuaraan tersebut akan berlangsung hingga 18 Juli mendatang dan memperebutkan hadiah berupa piala, piagam dan uang pembinaan. Bagi para juara dan pencetak gol terbanyak atau pemain terbaik. (ed)

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018