Denpasar (Antaranews Bali) - Warga Provinsi Bali dari beberapa daerah terlihat antusias mengikuti Pilkada 2018 yang dilaksanakan secara serentak untuk Pilkada Bali, Pilkada Gianyar, dan Pilkada Klungkung, Rabu.

Koresponden Antara di Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, melaporkan partisipasi warga Nusa Penida dalam perhelatan demokrasi kali ini tampak meningkat, bahkan warga perantauan asal Kota Denpasar dan sekitarnya berduyun-duyun pulang kampung ke Nusa Penida untuk mencoblos.

Sejak Rabu pagi,  warga sudah berada di sejumlah titik pelabuhan yang akan menyeberang menuju Nusa Penida. Antrean paling membeludak adalah pelabuhan di Kusamba, baik di Tribuana maupun Banjarbias yang menyeberang lewat jalur Serangan dan Sanur.  

Ketua Komunitas Peduli Klungkung Yudhi Pasek Kusuma saat ditemui di Pelabuhan Tribuana,  Kusamba,  Klungkung, menyampaikan warga sudah berada di pelabuhan sejak pukul 05.00 wita.

"Itu menandakan partisipasi warga sangat tinggi mengikuti pilkada tahun ini. Sangat menarik dalam demokrasi,  warga berduyun-duyun pulang ke daerah masing-masing untuk memberikah hak pilihannya.  Speed boat bergilir mengangkut ribuan warga yang sudah antre," katanya.

Sementara itu, Camat Nusa Penida I Gusti Agung Gede Putra Mahajaya melakukan patroli bersama Kapolsek dan Danramil Nusa Penida.

"Sejak Selasa (26/6), kami melakukan patroli untuk memastikan kesiapan tempat pemungutan suara. Kesiapan berjalan lancar, namun kami kembali melakukan patroli agar pesta demokrasi berjalan sesuai yang kita inginkan," katanya.

Selain warga Nusa Penida, fakta yang sama juga terlihat di TPS-12 di Jalan Raya Penatih, Denpasar. Ratusan warga terlihat datang dengan berbagai harapan dan cita-cita agar Bali lebih baik pada lima tahun mendatang.

"Kami berharap pilkada berjalan aman, tenteram, dan damai, lalu menghasilkan pemimpin yang memiliki program untuk masyarakat, seperti pendidikan gratis, kesehatan gratis, dan sebagainya," kata warga Denpasar, Nyoman Darmadi.

Senada dengan itu, warga kota lainnya, Made Ajik, mengatakan dirinya selaku warga Bali berharap kepada siapapun yang memenangkan pertarungan dalam Pilkada Bali agar dapat membawa Bali kedepan yang lebih baik.

"Ya, kami berharap lebih baik lagi dari tahun sebelumnya," katanya. (ed)

Video oleh Pande Yudha

Pewarta: Dewa Sentana dan Pande Yudha

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018