Denpasar (Antaranews Bali) - Tim penilai pemilihan guru tenaga kependidikan berprestasi dan berdedikasi tingkat Provinsi Bali melakukan penilaian observasi dan visitasi kepada guru berprestasi di Kota Denpasar.

Saat menerima tim penilai tingkat Provinsi Bali, Sekretaris Daerah Kota Denpasar Anak Agung Ngurah Rai Iswara didampingi Bunda PAUD Denpasar Selly Rai Mantra di Denpasar, Senin, mengatakan upaya untuk mencapai tujuan pendidikan melalui peningkatan mutu, pemerataan, efisiensi dan demokratis pendidikan diperlukan berbagai kegiatan bersinergi. Karena hal tersebut merupakan tanggung jawab semua komponen masyarakat dan pemerintah.

Adapun guru yang mendapat penilaian yakni Kadek Ayu Trisna Dewi SPd, Aud dari PAUD Bali Public School dan I Ketut Budiarsa SPd dari SDN 12 Dauh Puri.
Rai Iswara mengatakan dalam undang-undang pendidikan ditegaskan bahwa pendidikan diselenggarakan dengan memberdayakan semua komponen masyarakat melalui peran sertanya dalam penyelenggaraan dan pengendalian mutu layanan pendidikan.

Menurut dia, pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan pendidikan yang paling mendasar dan keberadaan PAUD yang berkualitas akan sangat berkontribusi terhadap kualitas pendidikan pada jenjang selanjutnya.  

Hal itu sejalan dengan rencana pembangunan jangka menengah nasional tahun 2015-2019 yang menyatakan bahwa peningkatan akses dan kualitas PAUD secara holistik dan integratif merupakan pondasi terwujudnya pendidikan dasar 12 tahun yang berkualitas.

Sementara itu, Bunda PAUD Kota Denpasar Selly Rai Mantra menambahkan pemilihan guru PAUD berprestasi dan berdedikasi tingkat PAUD Provinsi Bali tahun 2018 merupakan salah satu wahana komunikasi dan edukasi bagi para guru di tingkat PAUD. Melalui kegiatan yang dilaksanakan tersebut, dengan kriteria antara lain kompetensi profesi, kompetensi pedagogik presentasi forto folio dan wawancara. 

"Kami harapkan lebih meningkatkan kinerja seluruh komponen di sekolah seperti guru, kepala sekolah dan juga tenaga kependidikan lainnya. Oleh karena itu, kami dari Bunda PAUD Kota Denpasar selalu memberikan dukungan kepada masyarakat termasuk dinas dan instansi untuk mengikuti lomba demi kemajuan dan keberhasilan pembangunan," ujarnya.

Senada dengan itu, Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kota Denpasar Wayan Gunawan menyatakan pemilihan guru berprestasi yang dilakukan berjenjang dimulai dari tingkat kabupaten dan kota, provinsi dan nasional yang dilaksanakan secara kompetitif, objektif, transparan dan akuntabel. 

Diharapkan memberikan rasa bangga dan memotivasi para guru untuk meningkatkan kreatifitas dan inovasi dalam proses pembelajaran serta memotivasi peserta didik untuk berprestasi di berbagai bidang, baik akademik maupun non-akademik. 

"Maka dari itu kami mengucapkan terima kasih kepada Kadek Ayu Trisna Dewi dan I Ketut Budiarsa telah terpilih sebagai guru berprestasi tingkat Kota Denpasar dan sekaligus mewakili Pemerintah Kota Denpasar dalam seleksi guru berprestasi tingkat Provinsi Bali," katanya.

Tim Penilai Rini Kristiantari bersama Ida Bagus Perdata mengatakan penilaian itu adalah konfirmasi yang telah disampaikan oleh nominasi guru TK berprestasi Provinsi Bali saat presentasi, wawancara kemudian penilaian secara keseluruhan. 

"Untuk hari ini kita hadir untuk mengkonfirmasi saja, apakah yang disampaikan sesuai kenyataan apa tidak," kata Rini Kristiantari. (ed)

Pewarta: I Komang Suparta

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018