Gianyar (Antaranews Bali) - Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gianyar, Bali, melibatkan satuan tugas dan tenaga kebersihan untuk melaksanakan gerakan gotong-royong bersama masyarakat setempat membersihkan lingkungan setiap hari Minggu pada bulan pertama.

"Gerakan kebersihan dilakukan secara berkesinambungan dengan melibatkan masyarakat di masing-masing dusun (banjar) sekaligus menanamkan perilaku hidup sehat masyarakat," kata Kepala DLH Kabupaten Gianyar I Wayan Kujus Pawitra bersama Kepala Desa Blahbatuh, I Gusti Ngurah Kapidada, Minggu.

Gerakan gotong-royong melibatkan peran serta masyarakat salah satunya dilaksanakan di Banjar Teruna, Desa Blahbatuh. Aksi bersih-bersih melibatkan ratusan warga masyarakat setempat, terutama muda-mudi yang terhimpun dalam wadah Seka Teruna.

Gerakan kebersihan sebagai upaya menjaga kebersihan lingkungan, di samping membangun kesadaran masyarakat agar lingkungan sekitar pemukiman selalu bersih dan lestari.

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gianyar dalam gerakan kebersihan itu melibatkan puluhan satgas dan tenaga kebersihan dengan menyiapkan truk pengangkut sampah dan dua viar juga untuk mengangkut sampah ke tempat pembuangan akhir (TPA).

I Wayan Kujus Pawitra mengatakan, aksi bersih-bersih tersebut merupakan bagian dari kegiatan bulan gotong royong yang belakangan ini mulai memudar.

"Secara rutin kami akan mengajak masayarakat untuk gotong-royong membersihkan lingkungannya, hanya saja lokasinya akan digilir," ujarnya.

Untuk itu, pihak DLH akan melakukan koordinasi dengan Kepala Desa. Kalau dilihat ada lingkungan kurang bersih, pihaknya akan koordinasi dengan kepala desa setempat untuk menurunkan warganya ikut gotong-royong. (adt/I006)

Pewarta: I Ketut Sutika

Editor : I Nyoman Aditya T I


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018