Mangupura (Antaranews Bali) - Penerangan Kodam IX/Udayana melaksanakan kegiatan karya bhakti satuan non kewilayahan dengan bersih-bersih lingkungan dan pembuatan jamban keluarga maupun jamban umum di Banjar Tegal, Desa Gerana, Kecamatan Petang, Kabupeten Badung, Bali, Jumat.

"Kegiatan bertujuan untuk membina dan meningkatkan jalinan komunikasi dan kebersamaan antara TNI khususnya anggota Penerangan Kodam IX/Udayana dengan masyarakat," kata Kepala Penerangan Kodam IX/Udayana, Kolonel Infantri J. Hotman Hutahaean, di Mangupura.

Upaya ini juga sebagai pelaksanaan Program Kerja Penerangan Kodam IX/Udayana Semester I Tahun Anggaran 2018 dan kegiatan ini juga dilatarbelakangi karena TNI yang berasal dari rakyat, sehingga tugas pokok TNI juga melakukan pembinaan kepada masyarakat.

Dengan adanya TNI mengabdi untuk rakyat dengan melaksanakan kegiatan karya bhakti yang bertitik berat pada peningkatan kesadaran dan memotivasi masyarakat untuk memahami pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan.

"Kegiatan ini juga dirangkai dengan kegiatan komunikasi sosial bersama komponen masyarakat untuk mendukung program pemerintah daerah dalam mewujudkan dan mengakselerasi program Nawa Cita yang salah satunya melaksanakan pembangunan dari pinggiran dengan memperkuat daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan," ujarnya.

Untuk mewujudkan tujuan tersebut, maka kegiatan kali ini diawali dengan kegiatan komunikasi sosial dengan sasaran semakin tumbuhnya kesadaran hidup berbangsa dan bernegara di kalangan masyarakat dan terwujudnya komitmen dalam menjaga keutuhan NKRI.

Kegiatan ini disambut antusias oleh warga masyarakat dan sebagai bukti antusiasme masyarakat pada kesempatan tersebut Kepala Desa Gerana I Made Werdiana dan Jero Bendesa Adat, I Ketut Wilen dalam sambutannya yang sama menyampaikan ucapan terimakasih atas terpilihnya Banjar Tegal Gerana sebagai sasaran kegiatan tersebut.

"Kami mengharapkan agar kegiatan seperti ini semakin sering direalisasikan ke desa serta sekaligus juga untuk mendekatkan dan mempererat jalinan simakrama warga masyarakat dengan TNI, sehingga tidak ada kesan masyarakat takut jika berurusan dengan TNI," kata Kepala Desa dan Jro Bendesa Adat.

Dalam acara itu, turut dihadiri Danramil 1611-05/Abiansemal, Kapten Inf Winaya, Babinsa Desa Gerana, Kepala Desa Gerana serta warga masyarakat Banjar Tegal Gerana secara keseluruhan berjumlah 123 orang. (WDY)

Pewarta: I Made Surya

Editor : I Nyoman Aditya T I


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018